Jumat, 16 Februari 2018

3 Resep Cara Memasak Bubur Kacang Hijau Enak

3 Resep Cara Memasak Bubur Kacang Hijau Enak -Jenis tamanam polong-polongan yang satu ini memang sangat terkenal di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kacang hijau lebih terkenal diolah menjadi bubur yang nikmat dan lezat dengan kelembutan yang dihasilkan.

Sementara itu beberapa orang juga menggunakan kacang hijau sebagai campuran olahan makanan lain seperti kue, onde-onde, pudding dan lain sebagainnya. Selain menyuguhkan kenikmatan dan kelezatan, kacang hijau juga memiliki banyak kandungan gizi yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh.
cara membuat kacang hijau tanpa santan, cara membuat bubur kacang hijau kental, cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam, resep bubur kacang hijau Madura, cara membuat bubur kacang ijo untuk ibu hamil, resep es kacang hijau
Cara membuat bubur kacang hijau kental 
Manfaat yang terkadung dalam kacang hijaupun sangat beragam antara lain terdapatnya kandungan klorofil tinggi yang mampu mengurangi risiko kanker dan pertumbuhan tumor. Kandungan zat besi pada kacang hijau yang mampu mencegah penyakit anaemia atau kurang darah.

Bagi anda yang kini tengah dalam program diet anda dapat mengkonsumsi kacang hijau karena kacang hijau memiliki serat tinggi dengan lemak yang rendah sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama. Selain mengkonsumsi kacang hijau, alangkah baiknya anda juga melakukan olahraga untuk menyeimbangkan.
cara membuat kacang hijau tanpa santan, cara membuat bubur kacang hijau kental, cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam, resep bubur kacang hijau Madura, cara membuat bubur kacang ijo untuk ibu hamil, resep es kacang hijau
Resep bubur kacang hijau
Memiliki lemak tak jenuh dan kalori yang rendah membuat anda aman untuk mengkonsumsi kacang hijau dan menjaga kadar kolestrol anda agar tetap normal. Memiliki kadar glikemik yang rendah, kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jika anda ingin memasak bubur kacang yang enak dan sedap, anda dapat menjadikan salah satu resep berikut ini yang enak dan nikmat.

Cara Membuat Bubur kacang hijau sederhana
Jika anda baru saja akan membuat bubur kacang hijau sendiri, anda dapat mempertimbangkan resep sederhana berikut ini untuk para pemula. Tentu resep berikut ini akan memberikan kenikmatan tersediri untuk anda
Cara membuat bubur kacang hijau
Bahan-bahan
250 gram kacang hijau yang telah dicuci bersih dan direndam air selama sejam
2 liter air
100 gram gula merah yang akan diiris halus
150 ml santan kental
4 sdm gula pasir
2 cm jahe yang telah dimemarkan
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Cara Memasak bubur kacang hijau
  1. Ambillah kacang hijau yang telah anda rendam sebelumnya, kemudian siapkan tempat untuk merebus kacang hijau  dengan air sebanyak 2 liter. Rebus hingga kacang hijau matang dan empuk.
  2. Sisihkan terlebih dahulu kacang hijau yang telah direbus tadi, selanjutnya anda dapat menyiap gula merah dan gula pasir dengan merebusnya kedalam air 500 ml.
  3. Setelah dua bahan tersebut larut dan mendidih, anda dapat memasukkannya kedalam air rebusan kacang hijau. Gunakanlah saringan untuk menyaring.
  4. Anda dapat merebus kembali kacang hijau dan menambahkan santan dan daun pandan. Aduklah hingga merata.
  5. Jika sudah, langkah selanjutnya anda dapat memasukkan garam dan jahe. Aduk kembali secara rata. Tunggu hingga santan berbusa.
  6. Bila semuanya sudah matang, anda dapat mengangkat bubur kacang hijau dan menyajikannya.
  7. Nikmatilah bubur kacang hijau selagi masih panas untuk menambah cita rasa dalam bubur kacang hijau.
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Ketan hitam
Bagi anda yang suka mengkreasikan makanan untuk mendapatkan rasa yang enak dari sebuah masakan, anda tentu bisa mengkreasikan bubur kacang hijau dengan ketan hitam. Sajian ini sangat pas untuk anda dan keluarga anda. Selain itu, perpaduan antara kacang hijau dan ketan akan menghadirkan cita rasa yang nikmat.
Berikut ini merupakan resep memasak bubur kacang hijau yang dipadukkan dengan ketan hitam.
Cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam

Bahan-bahan untuk bubur kacang hijau
Kacang hijau sebanyak 250 gram
daun pandan sebanyak 1 lembar
gula merah sebanyak 100 gram
jahe yang dimemarkan sebanyak 4 cm
santan kental sebanyak 400 ml
garam sebanyak 1 sdt
Air mineral sebanyak 1,2 L

Bahan-bahan untuk bubur ketan hitam
Beras ketan sebanyak 150 gram
gula pasir sebanyak 75 gram
air mineral sebanyak 1 L
Garam secukupnya
daun pandan sebanyak 1 lembar

Bahn untuk Santan
250 ML santan kentang
2 sdt tepung maizena
daun pandang 1 lembar
150 ml air mineral

Cara Membuatnya
  1. Pertama, anda dapat membersihkan terlebih dahulu kacang hijau dan beras ketan hitamnya. Bila sudah bersih, anda dapat merendamnya dengan air. Rendamlah dengan wadah yang terpisah selama kurang lebih 1 hingga 2 jam.
  2. Bila sudah, selanjutnya rebuslah kacang hijau bersama daun pandan dan jahe yang telah dimemarkan kedalam air sebanyak 1.2 liter.
  3. Tunggu hingga mendidih dan air menguao hingga hampir habis . Lalu, tuangkanlah santan kental. Aduk hingga merata dan mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan gula merah dan aduk hingga gula merah laruh bersama airnya.
  5. Tambahkan garam secukupnya lalu aduk kembali hingga mendidih dan air mengental.
  6. Sementara memasak kacang hijau, anda dapat melanjutkan dengan memasak berat ketannya. Siapkanlah air 1,2 liter untuk merebus dan masukkan daun pandan. Setelah itu masukkan beras ketan yang sebelumnya sudah di rendam air.
  7. Tunggu hingga air mendidih dan menguap hingga air setengah habis. Selanjutnya tambahkan santan kentalnya. 
  8. Aduk semua bahan hingga merata. Kemudian masukkan garam dan gula, aduk kembali untuk menghindari ketan hitam menempel.
  9. Anda dapat mengaduk air mineral dan santan sampai tercampur merata.
  10. Rebus santan bersama daun pandan. Aduk hingga mendidih.
  11. Untuk membuat santan yang kental, anda dapat menambahkan tepung maizena sebanyak 2 sdm.
  12. Aduk kembali hingga santan mendidih dan mengental.
  13. Jika semua sudah, anda dapat menyiapkan wadah untuk bubur. Masukkan bubur kacang hijau dan ketan hitam kedalam satu wadah kemudian tuangkan santan kental.
  14. Dan bubur kacang hijau dengan ketan hitam sudah siap dinikmati.
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Santan
Resep berikut ini cocok bagi anda yang tidak menyukai santan sebagai kuah untuk bubur kacang hijau. Anda dapat melihat resep berikut ini.
Cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam
Cara membuat bubur kacang hijau dan ketan hitam

Bahan-bahan
250 gram kacang hijau
1 sendok makan tepuk maizena
2 lembar daun pandan
gula pasir 2 sdm
garam secukupnya
1 cm jahe yang dimemarkan
5 sdm susu kental sebagai pengganti santan
1 liter air

Cara Memasak bubur kacang hijau tanpa santan
  1. Anda dapat merendam kacang hijau selama kurang lebih 1 jam
  2. Bila sudah, selanjutnya anda dapat merebus kacang hijau kedalam 1 liter air.
  3. Campurkan dengan daun pandan, gula pasir, garam dan jahe yang  telah dimemarkan. Aduk hingga semua bahan merata dengan baik.
  4. Masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan terlebih dahulu sebanyak 2 sendok makan. Aduk kembali.
  5. Jika sudah merata, anda dapat memasukkan susu kental manis kedalam bahan-bahan yang telah direbus. Aduk hingga merata dan kuah bubur kacang hijau merata.
  6. Angkat jika bubur kacang hijau telah matang.
  7. Sajikan dalam wadah dan sebaiknya anda menikmati bubur kacang hijau ini selagi masih hangat karena cita rasa yang dihadirkan lebih lezat. 
Baca juga : Cara memasak bubur beras ketan hitam yang enak
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs