Jumat, 16 Februari 2018

Kreasi Cara Memasak Cumi Asam Manis

Kreasi Cara Memasak Cumi Asam Manis - Cumi menjadi salah satu makanan laut yang memiliki banyak peminat. Makanan laut ini dikenal memiliki rasa khas dengan cara pengolahan yang khusus seperti dalam proses pembuatan cumi asam manis misalnya. Cara memasak cumi asam manis setidaknya membutuhkan trik khusus agar cumi tidak berbau amis dan tidak terasa alot.
cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi pedas. cara memasak cumi kering, cara memasak cumi asam manis, cara memasak cumi saus tiram, resep tumis cumi, cara masak cumi goreng tepung
Cara memasak cumi asam manis
Trik Mengolah Cumi Agar Tidak Alot dan Tidak Amis
Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika memasak cumi adalah bau amis cumi yang sukar hilang atau cumi terasa alot, tidak empuksetelah dimasak. Cumi yang masih alot ketika dimakan biasanya disebabkan karena proses memasak cumi yang terlalu lama.
Sedangkan bau amis umumnya disebabkan oleh proses pembersihan yang kurang sempurna. Jika Anda ingin menjadikan cumi sebagai hidangan utama, setidaknya Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini demi menghindari bau amis maupun cumi yang terasa alot.

Memilih cumi berkualitas baik
Pastikan memilih cumi yang masih dalam keadaan baik. Ciri-cirinya seperti mata cumi masih bersih, tidak berbau busuk, daging warnanya tidak kemerahan, kulit arinya tidak rusak serta daging masih terasa padat dan kenyal.
cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi pedas. cara memasak cumi kering, cara memasak cumi asam manis, cara memasak cumi saus tiram, resep tumis cumi, cara masak cumi goreng tepung
Cara memasak cumi
Dibersihkan dengan benar
Bersihkan tinta yang ada di dalam cumi dengan hati-hati, jangan sampai meluber mengenai dagingnya. Jangan lupa untuk mencabut tulang rawannya yang berbentuk menyerupai plastik. Kemudian, bersihkan kulit arinya dengan cara mengelupas kulit luarnya. Bersihkan kotorannya, lalu bilas dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.

Beri bahan-bahan penghilang bau amis
Untuk menghilangkan bau amis dengan sempurna, lumuri cumi-cumi dengan bahan penghilang bau amis seperti asam jawa, parutan jahe, jeruk lemon atau jeruk nipis. Lumuri cumi-cumi yang telah dibersihkan menggunakan bahan-bahan tersebut, kemudian diamkan sejenak. Setelah itu, bersihkan kembali dan cumi-cumi sudah bisa langsung dimasak.
cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi pedas. cara memasak cumi kering, cara memasak cumi asam manis, cara memasak cumi saus tiram, resep tumis cumi, cara masak cumi goreng tepung
Cara menghilangkan bau amis pada cumi
Dimasak dalam waktu singkat
Kesalahan yang sering dilakukan saat memasak atau merebus cumi adalah memasaknya terlalu lama. Hal ini ternyata bisa mengakibatkan cumi terasa alot dan kurang empuk. Sebaiknya jangan terlalu lama memasak cumi. Masaklah dalam waktu singkat sekitar 3 menit. Jika terlanjur lebih dari 3 menit, teruskan memasak hingga 20 - 30 menit.

Dimasukkan ke dalam air dingin
Setelah cumi direbus, langsung masukkan daging cumi ke dalam air dingin. Hal ini bertujuan agar daging cumi bisa tetap empuk dan tidak alot jika hendak dimasak kembali.

Beda menu beda perlakuan
Ketika menumis cumi, tumis bumbu hingga matang sempurna, baru kemudian masukkan cumi, aduk merata dan masak hingga cumi berubah warna.Jika hendak membuat cumi bakar, buatlah beberapa keratan di kedua sisi badan cumi sehingga bumbunya lebih meresap.
Anda bisa merendam cumi dalam bumbu baru kemudian dibakar. Olesi cumi kembali dan bakar hingga matang. Sedangkan untuk menu sup cumi, sebaiknya pisahkan cumi dari bahan lainnya. Masukkan cumi ke dalam rebusan sup setelah semua bahan matang.

Cara Memasak Beberapa Alternatif Cumi Asam Manis
Menu cumi asam manis menjadi salah satu menu cumi yang paling sering disajikan di rumah makan seafood dan memiliki basis penggemar cukup banyak. Bumbu asam manis beraroma khas dengan rasa yang lezat, cara memasak yang mudah dan bisa divariasikan dengan berbagai bumbu membuatnya cocok dipilih sebagai menu pilihan keluarga.
cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi pedas. cara memasak cumi kering, cara memasak cumi asam manis, cara memasak cumi saus tiram, resep tumis cumi, cara masak cumi goreng tepung
Resep cumi asam manis
Cara memasak cumi asam manis sederhana
Menu cumi asam manis sederhana merupakan menu cumi yang bisa dibuat oleh pemula sekalipun. Pastikan sebelum dimasak cumi masih segar dan sudah benar-benar bersih.
Bahan-bahan :
½ kg cumi segar
1 – 1,5 sdm air jeruk nipis
½ sdt gula pasir
1 sdt Garam dapur
2 batang serai
Minyak goreng secukupnya
Air bersih secukupnya

Bumbu cumi :
1 buah bawang bombay iris memanjang kecil-kecil.
10 siung bawang merah cincang halus.
2 siung bawang putih cincang halus.
Jahe berukuran sedang dimemarkan.
1 buah tomat potong kotak-kotak kecil atau serong.
Cabai merah secukupnya, iris kecil-kecil.
Cabai rawit di iris kecil-kecil (jumlah sesuai keinginan).
Saus sambal.
1 batang daun bawang tapi jangan lupa dirajang kecil-kecil.
Kecap secukupnya.

Cara memasak cumi asam manis :
Bersihkan cumi-cumi dari kulit luarnya, tinta dan cangkang kepala.
Potong cumi-cumi dengan ukuran sesuai keinginan, lalu cuci bersih menggunakan air mengalir dan tiriskan.
Lumuri cumi dengan air perasan jeruk nipis secara merata, taruh ke dalam lemari pendingin selama 13 menit. Setelah itu cuci bersih sekali lagi menggunakan air mengalir.
Panaskan minyak goreng dalam penggorengan memakai api sedang.
Masukkan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun bawang, cabai merah, tomat, cabai rawit, jahe dan serai. Tumis hingga mengeluarkan bau harum.
Masukkan daging cumi, kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
Beri air sedikit dan aduk kembali hingga semua bahan matang (aduk selama 10 menitan saja jangan terlalu lama).
Koreksi rasa, kalau sudah sesuai maka cumi asam manis pun siap disajikan.

cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi pedas. cara memasak cumi kering, cara memasak cumi asam manis, cara memasak cumi saus tiram, resep tumis cumi, cara masak cumi goreng tepung
Cara memasak cumi
Cara memasak cumi asam manis pedas
Di samping menu cumi asam manis sederhana di atas, Anda juga bisa mengkreasikan menu cumi asam manis lainnya seperti cumi goreng asam manis pedas. Cara memasak cumi asam manis pedas ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan cumi asam manis lainnya,Anda hanya perlu menambahkan bahan yang membuat cumi lebih pedas.

Bahan-bahan :
Cumi-cumi segar 600 gram.
1 buah bawang bombay.
1 buah paprika merah.
2 siung bawang putih.
1 ruas jahe, memarkan.
Air perasan 1 buah jeruk nipis.
1 sdm kecap asin.
1 sdm saus tiram.
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam air.
7 sdm saus sambal.
2 sdm margarine.
Gula pasir secukupnya.
Garam secukupnya.
Merica bubuk secukupnya.

Cara memasak cumi asam manis pedas :
Bersihkan cumi dari kulit dan tintanya menggunakan air mengalir.
Potong dan rebus cumi selama 10 menit saja, angkat dan tiriskan.
Panaskan margarine dalam wajan, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
Tambahkan potongan paprika dan jahe yang sudah dimemarkan.
Tambahkan air sekitar 100 ml secara perlahan ke dalam wajan.
Masukkan bahan lainnya seperti kecap asin, saus tiram, saus sambal, gula, merica dan garam. Aduk hingga merata.
Masukkan cumi-cumi yang sudah direbus bersamaan dengan tepung maizena sembari terus diaduk. Tepung maizena ini berguna untuk mengentalkan saus cumi agar tidak terlalu encer.
Setelah kuah cumi terasa cukup kental dan matang, angkat dan sajikan.

Jika Anda menghendaki rasa cumi asam manis yang lebih masam, Anda bisa menambahkan beberapa asam jawa saat menumis bumbu cumi ini.

 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs