Kamis, 15 Februari 2018

Berbagai Resep Cara Memasak Olahan Kerang

Berbagai Resep Cara Memasak Olahan Kerang - Salah satu hewan yang hidup dilaut ini menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Kenikmatan daging kerang pun sudah tidak dapat diragukan. Berbagai olahan kerang yang tersaji dirumah makan maupun restaurant juga tak luput menjadi buruan masyarakat yang ingin merasakan kenikmatan kerang ini.

Selain menghadirkan rasa daging yang nikmat, kerang juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat berguna untuk tubuh manusia. Kerang memiliki kandungan nutrisi seperti sebagai sumber mineral yaitu mengandung zinc, yodium serta tembaga, mengandung vitamin A dan E.
cara memasak kerang rebus, cara memasak kerang asam manis, cara memasak kerang saus tiram cara memasak kerang yang sudah dikupas, cara merebus kerang, cara memasak kerang dara, cara memasak kerang hijau, resep kerang pedas
Cara memasak kerang asam manis
Kerang juga rendah kolestrol dimana sekitar 15 ekor kerang hanya membawa sekitar 166 ml kolestrol bahkan hampir tidak ada lemak jenuh dalam kerang. Disamping itu kerang juga memiliki banyak manfaat antara lain kerang dapat mengendalikan kadar kolestrol dan tekanan darah. Hal ini lantaran mengandung asam lemak omega 3.

Adanya kalsium yang sangat berguna untuk menguatkan tulang, zat besi yang berguna untuk memproduksi sel darag merah serta adanya vitamin B yang memiliki kegunaan untuk menjaga otak. Bahkan karena rendah kalori, kerang tidak dapat meningkatkan berat badan.
cara memasak kerang rebus, cara memasak kerang asam manis, cara memasak kerang saus tiram cara memasak kerang yang sudah dikupas, cara merebus kerang, cara memasak kerang dara, cara memasak kerang hijau, resep kerang pedas
Cara memasak kerang
Disamping terdapat banyak manfaat kerang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena  adanya polutan yang terkandung dalam kerang yaitu logam berat  merkuri. Bagi anda sebagai Ibu hamil, sebaiknya anda menghindari memakan kerang. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian.Bila anda ingin mengkonsumi kerang dan akan memasaknya sendiri, anda dapat menjadikan salah satu olahan masakan kerang berikut ini yang sangat lezat dan nikmat untuk tidak dilewatkan.
Cara memasak kerang dara

Kerang sambal Asam Manis
Bahan-bahan
kerang sebanyak 500 gram
bawang putih sebanyak 2 siung
bawang merah sebanyak 4 siung
bawang bombai sebanyak ½ suing
jahe yang dimemarkan sebanyak ½ ruas
daun salam sebanyak 2 lembar
serai yang dimemarkan 1 batang
lengkuas yang dimemarkan sebanyak 1 ruas
saus cabe sebanyak 3 sdm
merica sebanyak ½ sdt
tepung meizena yang dilarutkan ke air sebanyak ½ sdm
gula merah sebanyak 50 gram
perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdm
garam secukupnya
air sebanyak 200 ml atau secukupnya

Cara Memasaknya
  1. Hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan kerang sampai bersih dan pastikan tidak ada pasir yang masih menempel pada kerang.
  2. Bila sudah bersih, rebuslah kerang-kerang tersebut hingga setengah matang saja. Hal ini untuk menjaga kandungan yang ada didalam kerang agar tidak hilang.
  3. Angkat bila kerang sudah setengah matang. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Buatlah bumbu halus dahulu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica. Anda dapat menggunakan blender atau ulekan untuk menghaluskan bumbu-bumbu tersebut.
  5. Selanjutnya, siapkanlah wajah untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama bawang bombai yang diiris-iris. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma harum.
  6. Langkah selanjutnya, anda dapat memasukkan jahe, lengkuas, dan serai yang telah dimemarkan sebelumnya. Aduklah hingga semua bahan tercampur merata.
  7. Masukkanlah kerang yang sebelumnya sudah direbus setengah matang tadi. Jangan lupa untuk menuangkan air secukupnya dan garam serta gula merah.
  8. Aduk kembali semua bahan dan bumbu hingga bumbu meresap kedalam kerang dan merata.
  9. Tuangkan meizena yang telah dilarutkan tadi dan aduk kembali hingga kuah mengental dan bumbu meresap kedalam kerang.
  10. Bila sudah matang, anda dapat mengangkat kerang dan menyajikannya.
Kerang Sambal Saus Tiram
Berbagai macam olahan yang menggunakan campuran saus tiram memang selalu menghadirkan cita rasa yang lezat dan nikmat. Termasuk dalam pengolahan kerang laut yang bisa dikreasikan dengan mencampurkan saus tiram. Bila anda tengah mencari resep olahan kerang dengan saus tiram, anda dapat membaca ulasan berikut ini.
cara memasak kerang rebus, cara memasak kerang asam manis, cara memasak kerang saus tiram cara memasak kerang yang sudah dikupas, cara merebus kerang, cara memasak kerang dara, cara memasak kerang hijau, resep kerang pedas
Cara memasak kerang saus tiram

Bahan-bahan
Kerang sebanyak 300 gram
Tahu putih 150 gram
bawang bombai yang telah diiris panjang 1 buah
bawang putih yang dicincang sebanyak 2 siung
tomat merah dipotong kecil-kecil 1 buah
jahe sebanyak 1 ruas diiris tipis
saus tiram sebanyak 2 ½ sdm
saus tomat 2 sdm
air sebanyak 100 ml atau secukupnya
gram ¼ sdt
minyak goreng secukupnya

Cara Memasaknya
  1. Anda dapat membersihkan kerang dan memastikan tidak ada pasir yang tertinggal. Bila sudah benar-benar bersih, anda dapat melajutkan merebus kerang hingga setengah matang. Angkat jika sudah matang dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Anda dapat memotong tahu putih kecil-kecil secara dadu dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan wajah yang telah berisi minyak goreng secukupnya, masukkan bawang bombai, bawang putih, dan jahe. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga layu dan mengeluarkan aroma harus.
  4. Masukkan  tomat merah yang telah dipotong tadi dan aduk hingga merata.  Aduk hingga tomat terlihat layu.
  5. Jika sudah, anda bisa memasukkan potongan tahu dan kerang yang telah direbus sebelumnya  Aduklah kembali hingga semua bumbu merata.
  6. Selanjutnya anda bisa memasukkan garam, saus tomat dan saus tiram dan aduk kembali semua bahan dan bumbu hingga tercampur rata kembali. Jangan lupa masukkan air.
  7. Tunggu hingga bumbu meresap kedalam kerang dan tahu
  8. Jika semua bumbu sudah meresap kedalam kerang, anda dapat mengangkat masakan dan menyajikan kerang saus tiram diatas wadah.
  9. Anda dapay menatanya secantik mungkin agar dapat menggugah selera makan. Sebaiknya anda menikmati kerang saus tiram ini selagi masih hangat bersama nasi putih untuk menikmati kenikmatan masakan anda.
Kerang Saus Padang
Bahan-bahan
Kerang yang segar 500 gram
nanas sebanyak 100 gram
jahe yang dicincang sebanyak ½ ruas
tepung maizena sebanyak 1 sdm
air perasan lemon sebanyak 1 sdm
Air secukupnya
Minya goreng secukupnya
cara memasak kerang rebus, cara memasak kerang asam manis, cara memasak kerang saus tiram cara memasak kerang yang sudah dikupas, cara merebus kerang, cara memasak kerang dara, cara memasak kerang hijau, resep kerang pedas
Cara memasak kerang dara

Bahan Untuk Saus
Saus tomat sebanyak 4 sdm
saus cabai sebanyak 1 sdm
gula sebanyak 2 sdt
saus tiram sebanyak 4 sdm
merica bubuk atau lada sebanyak ½ sdt

Bumbu-bumbu halus
bawang putih sebanyak 2 siung
bawang merah sebanyak 25 gram
garam ½ sdt
cabai keriting sebanyak 7 buah

Cara memasaknya
  1. Anda dapat membersihkan kerang terlebih dahulu tentunya dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Anda dapat menyiapkan wajan yang berisi minyak goreng. Tumis jahe dan bumbu-bumbu halus. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma harus.
  3. Tuangkan saus kedalam tumisan bumbu dan aduk hingga merata.  Setelah sudah merata anda dapat memasukkan kerang yang sudah dicuci bersih tadi.
  4. Tuangkan air kedalam wajam dan aduk kembali hingga merata. Selanjutnya anda dapat memasukkan garam dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Selanjutnya, anda dapat menambahkan parutan nanas dan perasan air jeruk lemon. Aduk kembali hingga merata.
  6. Agar bumbu dapat mengental anda dapat memasukkan tepung maizena. Aduk kembali hingga merata.
  7. Masak hingga semua bahan meresap kedalam kerang dan jika sudah matang, anda dapat mengangkat kerang dan menyajikannya bersama nasi putih saat masih hangat. 
Baca juga : Cara memasak sayur bening bayam
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs