Rabu, 21 Maret 2018

Cara Memasak Olahan Ikan Bandeng Praktis


Cara memasak olahan ikan bandeng praktis - Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang banyak di konsumi oleh masyarakat Indonesia, selain rasanya yang sangat enak, ikan bandeng memiliki banyak gizi sehingga baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Ikan bandeng dapat diolah sebagai salah satu lauk yang lezat, bisa di bakar di goreng, di pindang ataupun di kukus.
resep ikan bandeng goreng, aneka resep olahan ikan bandeng, resep bandeng bumbu bali,resep pindang ikan bandeng, resep ikan bandeng bakar, resep masakan bandeng asam manis
Aneka resep olahan ikan bandeng
Ikan bandeng memang banyak di sukai oleh masyarakat karena tekstur dagingnya yang terasa surih dan tidak begitu asin seperti kebanyakan ikan laut lainnya. tak seperti aneka tangkapan laut lainnya ikan bandeng memiliki harga jual yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan ikan jenis lainnya.

Dalam seekor ikan bandeng terdapat banyak kandungan gizi seperti vitamin B6. mineral, asam protenat, vitamin A, fosfor, selenium dan asam folat yang sangat baik bagi perkembangan otak anak-anak. Untuk bisa mendapatkan nutrisi yang cukup tinggi sebaiknya pada saat mengolah ikan bandeng dengan cara di kukus atau di panggang. Jikalau ingin menggoreng, biasakan menggorengnya dengan menggunakan sedikit minyak.

Banyak mengkonsumsi ikan bandeng di percaya dapat menjadi salah satu alternatif diet yang bagus, saat rutin mengkonsumsinya anda akan terbebas dari kekurangan mineral serta vitamin.
resep ikan bandeng goreng, aneka resep olahan ikan bandeng, resep bandeng bumbu bali,resep pindang ikan bandeng, resep ikan bandeng bakar, resep masakan bandeng asam manis
Aneka olahan ikan

Cara Memasak Ikan Bandeng Enak Dan Bergizi

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperolah dari ikan bandeng, maka tak heran jika banyak masyarakat yang mulai mengkonsumi ikan jenis ini untuk bekal makan siang bersama keluarga. mengolah masakan berbahan dasar ikan bandeng bukan merupakan perkara yang sulit, karena bandeng dapat diolah dengan berbagai cara baik di kukus, di goreng ataupun di pindang.

Semua kreasi masakan berbahan ikan bandeng tentu sangat enak dan bergizi tinggi tentunya. Tak salah jika anda menyisipkan menu masakan bandeng dalam setiap sajian untuk seluruh anggota keluarga. Berikut beberapa resep masakan yang diolah berbahan dasar ikan bandeng yang bisa anda coba dirumah.

Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning

Ikan bandeng bumbu kuning merupakan salah satu masakan andalan keluarga, bahkan saking favoritnya banyak rumah makan yang menyediakan olahan ikan bandeng bumbu kuning ini rasanya yang  gurih karena ditambah dengan santan menjadi perpaduan yang sangat pas.

Ikan bandeng bumbu kuning sangat cocok di sajikan sebagai menu makan siang anda hari ini, Untuk membuat masakan ini tidaklah sulit, bahan yang digunakan terbilang sederhana dan mudah didapatkan.
resep ikan bandeng goreng, aneka resep olahan ikan bandeng, resep bandeng bumbu bali,resep pindang ikan bandeng, resep ikan bandeng bakar, resep masakan bandeng asam manis
Ikan bandeng bumbu kuning
Bahan-bahan Ikan bandeng Bumbu kuning

·        beberapa ekor ikan bandeng sesuai kebutuhan
·        10 cabe rawit
·        6 siung bawang merah
·        5 siung bawang putih
·        ½ ruas jahe
·        lengkuas sebesar ibu jari
·        1 ruas kunyit kuning
·        2 lembar daun jeruk
·        garam secukupnya
·        gula pasir secukupnya
·        penyedap rasa (opsional)
·        minyak secukupnya untuk menumis
·        air secukupnya
·        Santan kental secukupnya
Cara Memasak Ikan Bandeng Bumbu kuning
Pertama bersihkan terlebih dahulu ikan bandeng yang akan di masak, kemudian setelah bersih potong menjadi beberapa bagian lalu goreng ikan bandeng tersebut sampai agak kering.Kemudian haluskan semua bumbu yang telah disiapkan tadi sebelumnyaPanaskan minyak untuk menumis, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dan aduk hingga berbau harum.Setelah itu ber sedikit air dan tunggu hingga mendidih, setelah mendidih masukkan penyedap rasa, gula dan garam secukupnya, kemudian masukkan santan kental perlahan lahan dan aduk aduk terus, pastikan santan jangan sampai pecah karena akan mempengaruhi rasa masakan.jika santan telah mendidih kemudian masukkan ikan bandeng yang telah digoreng sebelumnya, aduk-aduk secara perlahan supaya ikan tidak remuk,  tunggu beberapa saat hingga semua bumbu meresap kedalam ikan. Jika telah matang, ikan bandeng bumbu kuning siap untuk disajikan.

Ikan Bandeng Kuah kecap
Ikan bandeng tak hanya enak saat di buat masakan kuah kuning saja, namun juga bisa di masak kuah kecap yang tak kalah lezat. ikan bandeng kuah kecap memiliki rasa yang gurih dan sedikit agak manis legit. teksturnya yang empuk menjadikan masakan ini favorit seluruh anggota keluarga. cara memasak ikan bandeng kuah kecap juga sangat mudah, bahan-bahan yang di butuhkan juga mudah utuk didapatkan.
resep ikan bandeng goreng, aneka resep olahan ikan bandeng, resep bandeng bumbu bali,resep pindang ikan bandeng, resep ikan bandeng bakar, resep masakan bandeng asam manis
Resep Ikan Bandeng Kecap

Bahan-bahan Ikan Bandeng Kuah Kecap

· Beberapa buah ikan bandeng sesuai selera
·        3 siung bawang merah
·        3 siung bawang putih
·        1 buah tomat yag di iris
·        2 ruas jahe
·        1 batang serai
·        2 lembar daun jeruk
·        cabe rawit sesuai selera
·        ½ sendok teh gula
·        ½ sendok makan garam
·        penyedap rasa (opsional)
·        kecap manis secukupnya
·        Air secukupnya

Cara Memasak Ikan bandeng Kuah kecap
  1.  pertama bersihkan terlebih dahulu ikan bandeng yang akan dimasak, kemudian setelah bersih potonng menjadi beberapa bagian sesuai selera
  2. setelah itu goreng ikan sampai matang kemudian sisihkan
  3. panaskan minyak untuk menumis semua bumbu
  4.  haluskan semua bumbu yang telah disiapkan kemudian tumis hingga berbau harum
  5. lalu masukkan jahe yang telah digeprek, serai dan daun jeruk
  6. masukkan sedikit air dan aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata
  7.  tunggu air hingga benar-benar mendidih lalu masukkan kecap manis, garam, penyedap rasa dan gula secukupnya
  8. pastikan rasa masakan telah pas, kemudian masukkan bandeng yang telah digoreng
  9. aduk hingga bumbu meresap kedalam ikan bandeng
  10. tunggu beberapa saat smapai ikan matang sempurna
  11. Ikan bandeng dengan kuah kecap siap untuk di hidangkan

Sup Ikan Bandeng

Saat cuaca sedang terik, lebih nikmat menyantap masakan yang gurih menyegarkan, salah satunya dengan menikmati sup ikan bandeng yang sangat lezat. tak hanya bisa digoreng dan dibakar, tennyata ikan bandeng juga bisa di buat sop yang enak tentunya, sup ikan bandeng sangat cocok untuk disajikan pada saat makan siang. bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan cara membuatnya pun cukup mudah.
resep ikan bandeng goreng, aneka resep olahan ikan bandeng, resep bandeng bumbu bali,resep pindang ikan bandeng, resep ikan bandeng bakar, resep masakan bandeng asam manis
Sup ikan bandeng
Bahan-bahan Sup Ikan bandeng

·        1 buah ikan bandeng yang telah dibersihkan
·        5 siung bawang putih
·        4 siung bawang merah
·        1 batang daun bawang yang dipotong kecil-kecil
·        1 buah tomat yang di iris
·        1 sendok makan air perasan jeruk nipis
·        lengkuas secukupnya yang digeprek
·        2 ruas jahe lalu digeprek
·        1 sendok makan garam
·        ½ sendok teh gla pasir
·        penyedap rasa (opsional)
·        Air secukupnya

Cara memasak Sup Ikan Bandeng
Pertama bersihkan ikan bandeng kemudian cuci hingga bersih lalu potong menjadi beberapa bagian, selanjutnya iris iris semua bumbu yang telah disiapkan, sambil mengiris semua  bumbu tersebut masak air kedalam panci. Biarkan air tersebut mendidih, setelah itu tumis semua bumbu yang telah diiris tadi, tumis hingga beraroma harum. Setelah itu masukkan semua bumbu yang ditumis kedalam air yang mendidih tadi, lalu masukkan ikan bandeng didihkan kembali air dalam panci yang telah di isi bumbu dan ikan bandeng kemudian setelah benar benar mendidih masukkan garam serta gula dan penyedap rasa, tomat sebagai tambahan dan daun bawang yang telah dipotong kecil. Tunggu beberapa menit sampai ikan benar-benar empuk dan semua bumbu meresap.  Sup ikan bandeng siap disajikan.

Baca juga : Cara memasak soto ayam yang enak dan lezat




 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs