Kamis, 22 Februari 2018

Resep dan Cara Memasak Soto Ayam yang Enak dan Praktis

Resep dan cara memasak soto ayam yang enak dan praktis - Soto ayam adalah salah satu kuliner yang punya jenis beragam dan hampir ada di tiap daerah di Indonesia. Meskipun citarasa yang dihadirkan dari tiap daerah berbeda-beda, namun pada umumnya bahan serta cara pembuatannya tetaplah sama.
Pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa resep dan cara memasak soto ayam yang enak dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Selamat menyimak.
bumbu soto ayam lamongan, bumbu soto ayam bening, resep aneka soto, bumbu soto ayam santan, resep soto ayam kuning, bumbu soto jawa, resep soto ayam bening kuning, soto ayam rebus
Resep aneka soto
Resep soto ayam gurih lezat
Tak bisa dipungkiri soto ayam memang merupakan salah satu menu yang banyak digemari banyak orang. Nah, bagi anda yang berencana membuat soto ayam, resep yang akan dibahas berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.
bumbu soto ayam lamongan, bumbu soto ayam bening, resep aneka soto, bumbu soto ayam santan, resep soto ayam kuning, bumbu soto jawa, resep soto ayam bening kuning, soto ayam rebus
Resep soto ayam

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
Daging ayam segar 1 ekor
Kecambah 200 gram (cuci bersih, kukus hingga matang)
Kubis atau kol 200 gram
Kentang 4 buah (bisa digoreng atau direbus)
Telur rebus 3 butir
Tomat 2 buah
Air 2 liter
Bawang goreng
Serai 2 batang daun salam 3 lembar
Daun bawang 1 batang
Soun 50 gram, silahkan rendam dalam air panas
Minyak goreng secukupnya
Lengkuas 1 ruas

Bahan untuk bumbu halus:
Jahe 15 gram
Kunyit 5 gram
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 4 siung
Kemiri 3 buah
Garam, merica secukupnya
Penyedap rasa (bila ingin)

Cara memasak soto ayam gurih
  1. Cuci bersih ayam yang sudah anda siapkan di bawah guyuran air yang mengalir.
  2. Setelah itu, uleg semua bumbu halus yang telah disiapkan. Mulai dari jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tambahkan garam secukupnya. Bila sudah halus, siapkan wajan, tumis bumbu tersebut hingga aroma harumnya keluar.
  3. Langkah selanjutnya siapkan panci untuk merebus ayam yang telah dicuci, jangan lupa masukkan juga bumbu yang sudah anda tumis.
  4. Agar rasanya semakin mantap, tambahkan daun salam, daun jeruk, potongan lengkuas yang digeprek, serta daun serai ke dalam panci untuk merebus ayam.
  5. Tambahkan juga merica, garam, serta penyedap rasa bila anda mau. Icipi rasanya, bila sudah pas masak selama kurang lebih 30 menit atau hingga daging ayamnya sudah terasa empuk.
  6. Bila daging ayamnya sudah dirasa cukup empuk, silahkan pisahkan daging tersebut dari tulangnya. Setelah itu, agar kaldu dari soto ayam semakin terasa sedap masukkan kembali tulang ayam ke dalam panci.
  7. Tambahkan juga daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil. Tunggu sampai kuah soto ayamnya mendidih.
  8. Selagi menunggu kuah matang, anda bisa menyiapkan telur, tomat, kentang yang sudah diiris-iris, kemudian kubis, kecambah, soun, serta suwiran daging ayam. Setelah itu, masukkan ke dalam mangkuk saji.
  9. Bila mangkuk sajinya sudah siap, siram dengan kuah soto yang telah mendidih.
  10. Untuk hiasanya anda bisa menambahkan irisan jeruk nipis serta taburan bawang goreng. Finish.


Resep soto ayam bening yang enak dan simple
Resep soto ayam yang kedua ini juga tergolong sangat simple. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan juga bisa dengan mudah anda dapatkan di pasar maupun supermarket terdekat.
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
1 ekor ayam segar
200 gram kubis, iris tipis
200 gram kecambah, bersihkan dan rebus sampai matang
60 gram soun, silahkan rendam dengan air panas
3 butir telur rebus, potong menjadi 4 bagian
4 buah kentang
2 liter air mineral
2 batang serai
50 gram bawang goreng
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
25 gram lengkuas
1 batang daun bawang, iris lembut
Minyak goreng
15 gram jahe segar
2 ruas kunyit
4 buah kemiri
Merica bubuk sesuai selera
4 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah jeruk nipis, iris menjadi 8 bagian

Langkah-langkah
Tumbuk semua bumbu halus yang sudah anda siapkan, mulai dari bawang merah serta beberapa bawang putih plus jahe segar dan kemiri, serta 2 ruas kunyit. Kemudian tambahkan juga merica dan garam secukupnya.
Siapkan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya, kemudian tumis bumbu halus yang sudah anda tumbuk dengan api sedang. Tambahkan lengkuas yang sudah digeprek, serai, daun salam serta daun jeruk. Tunggu sampai aroma harum dari bumbunya keluar.
Setelah itu siapkan panci yang telah diisi air sebanyak 2 liter. Bila sudah mendidih, ambil bumbu halus yang sudah anda tumis kemudian masukkan ke dalam panci.
Tak ketinggalan masukkan juga ayam, lalu masak hingga dagingnya matang dan empuk. Waktunya kurang lebih sekitar 30 menit.
Tes rasa kuahnya, apabila kurang sedap anda bisa menambahkan garam serta merica hingga rasanya pas.
Jika daging ayam sudah empuk, tiriskan. Kemudian anda bisa memisahkan daging ayam dari tulangnya. Bila sudah selesai, masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah soto.
Tambahkan irisan daun bawang yang sebelumnya sudah dipotong halus ke dalam panci.
Setelah itu iris kentang tipis-tipis lalu goreng hingga kering. Angkat, tiriskan.
Untuk daging ayam yang sudah direbus, anda juga perlu menggorengnya hingga warnanya berubah kecoklatan. Kemudian suwir daging ayam kecil-kecil.
Langkah terakhir, siapkan mangkuk untuk menyajikan hidangan soto. Setelah itu anda bisa masukkan nasi ataupun lontong (sesuai selera) ke dalam mangkuk tersebut.
Tambahkan kubis, soun, kecambah, kentang yang sudah digoreng, irisan telur rebus, tomat, dan suwiran daging ayam. Kemudian siram dengan kuah soto, finish.

Resep soto ayam spesial
Soto ayam spesial juga merupakan salah satu resep yang wajib anda coba di rumah. Tak hanya lezat, cara pembuatannya juga sangat simple.

Bahan-bahan:
Kubis 200 gram
Bihun 1 papan
Daun bawang 1 batang
Bawang merah 8 siung
Kentang 3 buah
Paha ayam bagian bawah 2 potong
Jeruk nipis 2 buah
Tomat 2 buah
Lengkuas 3 ruas
Serai 2 batang
Daun salam 4 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Jahe 1 ruas
Lada bubuk secukupnya
Masako ayam
Gula pasir, garam, air secukupnya

Bumbu halus:
  • Kunyit 2 ruas
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar secukupnya
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 3 siung


Langkah-langkah:
  1. Tumbuk bumbu halus. Sisihkan
  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan paha ayam serta jahe yang digeprek.
  3. Tumis bumbu hingga aroma harumnya keluar. Setelah itu tambahkan serai serta lengkuas yang sudah digeprek. Jangan lupa tambahkan juga daun salam dan daun jeruk.
  4. Bila bumbu halus sudah selesai ditumis, masukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Tambahkan juga gula, masako, lada bubuk, serta garam secukupnya. Cicipi rasanya, bila sudah pas berikan air perasan jeruk nipis agar kuah soto yang anda buat semakin terasa segar. Tunggu sampai matang, lalu matikan apinya.
  5. Untuk menghidangkannya, taruh bihun serta kol ke dalam mangkuk, taburi suwiran ayam, irisan daun bawang, serta bawang goreng. Setelah itu tambahkan kuah soto.


 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs