Selasa, 13 Februari 2018

Resep Cara Memasak Daging Rendang yang Empuk Nikmat

Resep Cara Memasak Daging Rendang yang Empuk Nikmat Rendang? Siapa yang tidak mengenal masakan khas ini? Cita rasa gurih di padukan dengan bumbu rempah yang kuat dan nikmatnya daging menjadi daya tarik dari masakan ini. Rendang masuk dalam makanan terkenal di dunia dari Indonesia bersanding dengan nasi goreng dan sate. Saking terkenalnya rendang menjadi makanan yang paling banyak di cari oleh wisatawan asing ketika berkunjung ke Indonesia.
resep rendang padang kering resep rendang padang sederhana resep rendang padang asli minang bumbu rendang padang rendang bahan resep rendang daging jawa rendang rebus resep rendang daging sapi pedas
Resep rendang padang kering
Bagi kita warga negara Indonesia tentunya rendang sudah tidak asing lagi bukan. Selain enak makanan ini juga bisa bertahan lama, cocok sekali dijadikan menu makan saat melakukan perjalanan. Biarpun rasa rendang di setiap daerah berbeda-beda namun secara keseluruhan bahan dan cara masaknya hampir sama. Hem sudah tidak  sabar mencicipi rendang buatan sendiri untuk lauk makan siang ini. Langsung saja yuk kita buat rendang istimewa cita rasa khas Minang.

Bahan utama membuat rendang adalah daging sapi, dalam pemilihan daging berikut ciri-ciri dagingsegar untuk rendang yang enak:
  • Warna daging merah. Warna merah pada daging menandakan daging masih dalam keadaan segar. Jangan pilih daging yang berwarna pucat keputih-putihan karena itu berarti daging sudah lama.
  • Tekstur daging kenyal
  • Aroma daging yang segar tidak busuk, menyengat dan berbau asam.
  • Jika anda membeli daging di pasar tradisional pilih daging yang digantung untuk menghindari daging sapi gelonggongan yang telah di campur air. Daging sapi gelonggongandalah daging sapi yang salah penyembelihannya.
  • Pilih daging yang segar bukan beku. Untuk rendang lebih enak menggunakan daging sapi segar daripada yang beku karena tekstur daging yang terlalu kenyal pada daging beku merusak cita rasa rendang.

Perhatikan ciri-ciri di atas ketika memilih daging sapi untuk rendang. Selanjutnya kita belajar tips cara membuat daging empuk pada masakan rendang:
  1.  Dipipihkan, cara ini bisa dipakai untuk membuat rendang agar daging empuk. Anda bisa memipihkan potongan daging yang nantinya akan diolah supaya daging empuk. Dengan cara dipipihkan ini merupakan cara yang paling sederhana.
  2. Balut dengan daun pepaya. Untuk mendapatkan daging yang empuk bisa dilakukan dengan dibalutkan daun pepaya. Pertama lumuri daging dengan bumbu yang akan dipakai untuk rendang. Balut dengan daun pepaya selama kurang lebih 45 menit setelah itu daging siap diolah bersama bumbu yang lain untuk menjadi rendang.
  3. Baluri dengan buah nanas yang sudah terlebih dahulu dihaluskan. Cara mengempukkan daging dengan buah nanas, pertama nanas dihaluskan bisa di blender atau di parut, setelah itu baluri daging dengan nanas yang sudah halus. Nanas yang dipakai adalah nanas muda yang banyak mengandung enzim bromelin. Proses pengempukan daging dengan buah nanas ini sekitar 20 sampai 30 menit saja.
  4. Ketiga tips di atas bisa di terapkan untuk mengempukkan daging sebelum diolah menjadi rendang yang super nikmat. Sebelum menggunakan cara di atas jangan lupa untuk mencuci daging terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.
  5. Sembari menunggu proses pengempukan daging sebaiknya kita mulai menyiapkan bahan-bahan lain untuk membuat rendang ya sobat. Berikut bahan-bahan yang akan kita pakai untuk membuat rendang
Resep memasak daging rendang yang empuk nikmat dengan cara sederhana
Bumbu rendang padang
Bahan-bahan untuk rendang daging
  •  500 gram daging sapi yang sudah masuk proses pengempukan
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • Serai yang sudah di geprek
  • Santan 1000 sampai 1500 ml atau setara dengan 2 butir kelapa
  • 2 sendok kelapa parut yang sudah disangrai
  • 2 sendok minyak goreng

Bahan yang dihaluskan dalam resep rendang daging
Resep memasak daging rendang yang empuk nikmat dengan cara sederhana
Rendang bahan
  • 6 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 150 gram cabai merah
  • Cabai rawit merah sesuai selera
  • Setengah sendok jinten
  • 5 butir kemiri
  • Kunyit
  •  Jahe
  • Ketumbar
  • Garam secukupnya
Bahan yang dihaluskan bisa dihaluskan secara tradisional saja dengan ulegan atau cobek untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Semua bahan sudah siap daging juag sudah empuk langkah selanjutnya tentu saja proses memasak rendang. Berikut cara memasak rendang
  1.  Panaskan wajan beri minyak goreng, tumis  bumbu yang sudah dihaluskan tambah kunyit, dsun jeruk dan serai yang sudah di geprek, tunggu sampai aromanya tercium wangi
  2. Masukan daging aduk-aduk sampai tercampur rata bumbunya, tunggu sampai berubah warna
  3. Tambahkan santan dan kelapa parut yang sudah di sangrai. Aduk-aduk sampai mendidih
  4.  Tunggu sampai daging matang, berubah warna kecokletan dan berminyak
  5. Setelah matang angkat dan rendang daging siap untuk disajikan.
Notes: memasak rendang memerlukan waktu lama jadi anda harus banyak bersabar.


Masalah yang kerap dikeluhkan oleh ibu di rumah adalah masakan rendang yang bumbunya kurang nendang tidak jarang juga daging hancur karena proses pemasakan. Untuk itu kita beri Tips supaya rendang bumbunya meresap sempurna dan daging tidak hancur saat dimasak.
resep rendang padang kering resep rendang padang sederhana resep rendang padang asli minang bumbu rendang padang rendang bahan resep rendang daging jawa rendang rebus resep rendang daging sapi pedas
Resep rendang padang sederhana
  1. Pemilihan daging : Dalam memilih daging sapi selain memperhatikan daging sapi yang segar kita juga perlu tahu daging sapi bagian mana yang tidak mudah hancur saat dimasak. Daging sapi yang baik ada di bagian pahanya kerena pada bagian paha tekstur daging lebih kuat.
  2. Pemotongan daging : Untuk menghasilkan daging rendang yang tidak hancur bisa disiasati dengan memotong-motong daging dalam ukuran besar, namun yang perlu diperhatikan jika memotong dalam ukuran besar adalah cara mengempukkannya untuk itu jika ingin potongan daging besar gunakan tips ke 2 dan ke 3 dalam mengempukkan daging.
  3. Memasak dengan api kecil : Tips ini memang memerlukan waktu yang lama dalam proses pemasakannya setidaknya perlu 5 sampai 6 jam, tapi anda tidak perlu risau karena waktu yang anda keluarkan akan setimpal dengan hasil yang didapat berupa daging rendang yang matang, empuk dan bumbunya meresap sempurna.
  4.   Pisahkan daging rendang dengan bumbu : Cara ini untuk mendapatkan hasil daging rendang yang tidak hancur selain itu bumbu rendang yang didapatkan juga lebih enak karena matang sempurna.
  5. Goreng daging terlebih dahulu : Untuk mendapatkan daging rendang yang utuh kenapa tidak mencoba untuk menggoreng dagingnya terlebih dahulu. cara menggorengnya juga tidak bisa sembarang yan sobat. Goreng di wajan anti lengket tanpa tambahan minyak. Goreng daging sampai berwarna cokelat setelah itu angkat dan tiriskan maka daging sudah siap diolah dengan bumbu rendang lain untuk mendapatkan daging rendang yang nikmat.
Resep memasak daging rendang yang empuk nikmat dengan cara sederhana
resep rendang daging sapi pedas 

Rendang yang kita buat sudah matang nih sobat saatnya di sajikan dan siap untuk dinikmati bersama orang-orang tersayang.Masakan rendang merupakan makanan terkenal dan menjadi  kesukaan semua orang tapi siapa sangka membuat rendang memerlukan waktu yang lama dengan pengolahan yang tepat dan bumbu yang sesuai, rendang bisa bertahan sampai berhari-hari bahkan sekarang ada inovasi baru untuk membuat rendang kering yang tak kalah nikmat. 


 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs