Selasa, 06 Februari 2018

Cara Memasak Gulai Ikan Dan Ayam Simple Tapi Lezat

Cara Memasak Gulai Ikan Dan Ayam Simple Tapi Lezat - Gulai sebenarnya merupakan makanan turunan dari menu masakan khas India, yakni Kari. Untuk gulai ikan sendiri merupakan ciri khas dari makanan Padang, di mana merupakan salah satu menu wajib mereka. Sedangkan, gulai ayam secara teknis memiliki komposisi bumbu yang sama dengan gulai ikan, hanya menggunakan daging ayam sebagai pengganti ikan.
resep gulai ikan mas gulai ikan kakap resep gulai ikan padang resep gulai ikan nila resep gulai ikan tongkol resep gulai ikan patin resep gulai ikan kuning resep gulai kembung
Resep gulai ikan padang
Resep, Cara Memasak, Dan Manfaat Gulai Ikan
Tidak ada varian ikan tertentu yang diharuskan untuk membuat gulai ikan. Hampir semua jenis ikan dapat diolah menjadi gulai, di mana dengan banyaknya rempah dapat menutupi amis dari ikan. Tetapi, mayoritas orang, terutama penjual rumah makan Padang menggunakan ikan kakap atau patin sebagai bahan utama gulai.

v  Resep Gulai Ikan Patin

§  Bahan-bahan :
·         Ikan patin segar
Selain diolah menjadi gulai ikan, patin juga biasanya dijadikan bahan garang asem ikan atau dapat pula digoreng biasa maupun dibumbu bakar karena tekstur dagingnya sendiri sudah lembut dan sangat enak. Biasanya digunakan pula untuk campuran MP-ASI karena kandungan proteinnya yang bagus untuk kecerdasan anak.
·         Santan
§  Bumbu :
·         Bawang merah
·         Bawang putih
·         Kemiri
·         Kunyit
·         Jahe
·         Serai
·         Lengkuas
·         Daun jeruk
·         Daun salam
·         Gula
·         Garam
·         Minyak goreng
v  Cara memasak gulai ikan :
1.     Cuci bersih ikan patin, lalu iris tiap ekornya menjadi empat bagian.
2.     Blender kunyit, jahe, kemiri, bawang merah, dan bawang putih hingga halus.
3.     Geprek lengkuas dan serai, lalu tumis bersama daun jeruk dan daun salam dengan menggunakan dua sendok makan minyak goreng hingga aroma harum bumbu menyeruak.
4.     Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis kembali hingga aroma bumbu tersebut juga menguar.
5.     Tambahkan air secukupnya, kurang lebih dua gelas belimbing.
6.     Masukkan ikan patin dan biarkan bumbu menyerap terlebih dahulu ke dalam potongan ikan.
7.     Setelah itu, tambahkan santan dan aduk pelan-pelan sampai mendidih agar santan juga tidak sampai pecah.
8.     Tambahkan gula dan garam, cek rasa, matikan kompor, lalu sajikan gulai ikan yang sudah matang.
Resep di atas tanpa menggunakan cabai rawit maupun cabai merah besar supaya dapat dinikmati semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Namun bila ingin menambahkan cabai rawit dan cabai merah besar karena menyukai pedas, dapat diblender bersama dengan bahan bumbu halus lain di atas.
resep gulai ikan mas gulai ikan kakap resep gulai ikan padang resep gulai ikan nila resep gulai ikan tongkol resep gulai ikan patin resep gulai ikan kuning resep gulai kembung
Resep gulai ikan nila

v  Manfaat Mengonsumsi Gulai Ikan

Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan hasil laut, termasuk dengan berbagai jenis ikan yang dapat diolah menjadi menu-menu makanan lezat. Ikan sendiri, termasuk di dalamnya ikan patin, memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi, antara lain :
1.     Mencegah penyakit jantung
Ikan patin mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, di mana hampir mencapai 50% dari kandungan gizi keseluruhan dari ikan tersebut. Lemak tak jenuh sendiri sangat baik bagi kesehatan jantung karena membantu menjaga kelancaran kinerja pacu jantung, sehingga bagi yang cukup sering mengonsumsinya memiliki tingkat kesehatan jantung lebih baik.
2.     Bagus untuk tumbuh kembang janin
Nutrisi ibu hamil berkaitan langsung dengan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Ibu hamil sebaiknya rajin mengonsumsi ikan patin yang kaya akan DHA dan Omega 3 di mana merupakan zat yang bagus untuk membantu tumbuh kembang otak anak sedari dalam kandungan.
3.     Membantu menjaga kesehatan tulang
Ikan patin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, di mana kedua zat tersebut berperan penting dalam kesehatan tulang. Terutama untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan serta para lansia yang kerap mengalami masalah persendian tulang, mengonsumsi ikan patin sangat direkomendasikan.
4.     Aman untuk penderita diabetes dan obesitas
Aturan wajib bagi penderita diabetes dan obesitas adalah sebisa mungkin menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh sehingga meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Sedangkan, ikan patin dominan mengandung lemak tak jenuh yang rendah kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas.
resep gulai ikan mas gulai ikan kakap resep gulai ikan padang resep gulai ikan nila resep gulai ikan tongkol resep gulai ikan patin resep gulai ikan kuning resep gulai kembung
Resep gulai ikan kuning

Resep, Cara Memasak, Dan Manfaat Gulai Ayam

Tidak dapat dipungkiri bahwa meski Indonesia sangat kaya akan hasil olahan laut, tetapi mayoritas masyarakatnya tidak mengonsumsi hasil laut tersebut sehingga penjualannya pun mayoritas dikhususkan kepada pasar luar negeri alias sektor ekspor. Pengolahan ikan yang tidak semudah daging ayam atau daging sapi membuat orang sering enggan mengonsumsinya.
Belum lagi dengan fakta bahwa banyak orang yang memiliki alergi terhadap seafood. Sebab itu pula, variasi menu gulai ikan pun muncul, yakni dengan memanfaatkan daging ayam atau yang kemudian akrab disebut dengan gulai ayam.
v  Resep Gulai Ayam
§  Bahan-bahan :
·         Daging ayam, utamakan bagian dada yang rendah lemak.
·         Kentang
·         Santan
§  Untuk bumbu sama persis dengan bumbu gulai ikan.
v  Cara Membuat Gulai Ikan
1.     Iris dada ayam dengan ketebalan kurang lebih dua sentimeter lalu rebus hingga menghasilkan kaldu yang memiliki cita rasa gurih yang kuat, pinggirkan.
2.     Potong kentang bentuk dadu.
3.     Geprek lengkuas dan serai. Haluskan kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, merica dan sertakan pula cabai rawit dan cabai merah besar bila ingin cita rasa yang pedas.
4.     Tumis semua bumbu geprek bersama bumbu halus dan daun salam serta daun jeruk hingga muncul aroma harum.
5.     Tuangkan kaldu ayam yang sebelumnya sudah dipersiapkan, disusul dengan daging ayamnya.
6.     Masukkan kentang yang sudah dipotong dadu dan tunggu hingga empuk.
7.     Tambahkan gula dan garam, lalu pastikan rasa sudah sesuai dengan selera.
8.     Matikan kompor, sajikan selagi panas dengan nasi hangat.


v  Manfaat Mengonsumsi Gulai Daging Ayam
Daging ayam merupakan salah satu daging yang mudah sekali pengolahannya dan hampir cocok untuk semua jenis masakan, mulai dari sop, garang asem, soto, dijadikan menu bakaran atau goreng biasa pun sudah enak. Daging ayam juga minim sekali memicu alergi. Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi gulai daging ayam :
  1. Memunculkan nafsu makan
Aroma gulai ikan yang harum dan lezat dapat membangkitkan selera makan. Tentu hal ini baik untuk anak-anak yang sedang sulit makan dan membuat kurangnya asupan energi untuk tubuh.
  1. Menangkal kolesterol jahat
Selama memilih bagian dada ayam dan tidak menyertakan kulit maupun jeroan, maka gulai ayam dapat membantu menangkal kolesterol jahat karena tidak mengandung lemak tak jenuh pemicu biang penyakit tersebut.
  1. Bagus untuk diet
Kentang sebagai bahan tambahan gulai daging ayam pun memiliki banyak khasiat. Salah satunya kentang merupakan sumber protein nabati yang bagus sekali untuk diet karena memperlancar sistem pencernaan tubuh.
resep gulai ikan mas gulai ikan kakap resep gulai ikan padang resep gulai ikan nila resep gulai ikan tongkol resep gulai ikan patin resep gulai ikan kuning resep gulai kembung
Varian Lain Gulai

Selain daging ikan dan ayam, sebenarnya gulai juga dapat diolah dengan memanfaatkan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan utama. Tetapi harga daging sapi dan kambing berikut kolesterolnya lebih tinggi dibandingkan daging ikan maupun ayam.

Baca juga : 6 cara masak telur setengah matang yang enak

 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs