Selasa, 06 Februari 2018

Cara Memasak Daun Singkong Untuk Makanan Dan Pengobatan

Cara Memasak Daun Singkong Untuk Makanan Dan Pengobatan - Daun singkong merupakan sayuran hijau yang tidak asing di telinga. Sebagai sayuran, daun singkong memiliki cita rasa yang khas ketika diiolah sebagai bahan makanan. Daun singkong juga dapat diolah dalam banyak variasi masakan karena pengolahannya yang mudah, berbeda dengan daun papaya yang sulit dihilangkan rasa pahitnya.
resep sayur daun singkong padang carfa masak gulai daun singkong resep sayur daun singkong tanpa santan resep daun singkong teri resep tumis daun singkong
Resep tumis daun singkong

Manfaat Daun Singkong

Selain mudah diolah, daun singkong juga diketahui memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi. Berikut ini adalah daftar manfaat dari mengonsumsi daun singkong :

  1. Antioksidan tinggi

Daun singkong mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, di mana merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker. Sebab itu pula, daun singkong dianggap metode pencegahan kanker alami.

  1. Sumber energi

Daun singkong mengandung banyak protein yang mana nantinya dapat diubah menjadi energi guna keperluan tubuh dalam beraktifitas.

  1. Penambah darah alami

Daun singkong telah terbukti dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh serta memperlancarnya. Hal ini baik untuk pengidap anemia atau penyakit kekurangan darah.

  1. Memperlancar metabolisme tubuh

Sebagaimana sayuran hijau lain, daun singkong juga kaya serat sehingga sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh.
resep sayur daun singkong padang carfa masak gulai daun singkong resep sayur daun singkong tanpa santan resep daun singkong teri resep tumis daun singkong
Resep tumis daun singkong

Mengolah Daun Singkong Untuk Pengobatan

Tidak mengherankan bila daun singkong disebut sebagai daun sejuta manfaat. Sebab, selain dapat diolah sebagai bahan makanan, daun singkong juga bisa diolah guna keperluan pengobatan herbal. Berikut ini adalah cara mengolahnya untuk obat :

  1. Obat diare

Mayoritas orang hanya terpikir untuk meminum oralit atau pil pereda diare ketika terserang penyakit yang diakibatkan bakteri tersebut. Padahal, daun singkong dapat dimanfaatkan sebagai obat diare alami yang sangat ampuh.
Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong bersama satu liter air. Rebus hingga airnya tersisa separuh, lalu angin-anginkan hingga hangat dan dapat diminum. Selama terserang diare, konsumsi air rebusan daun singkong dua kali sehari, maka diare akan berlangsung berkurang sampai akhirnya mereda.

  1. Pereda rematik

Bagi yang kerap mengalami nyeri sendi, daripada membeli obat atau salep rematik, dapat memanfaatkan daun singkong dengan pengolahan yang sangat mudah dan murah meriah. Caranya dengan menumbuk daun singkong bersama daun kapur sirih dan diberi sedikit air. Oleskan hasil tumbukan dedaunan tersebut ke bagian tubuh yang terasa nyeri.

Olahan Masakan Dari Daun Singkong

Sebagaimana telah disebutkan di atas, daun singkong sangat lezat bila diolah menjadi menu masakan, baik camilan maupun makanan berkuah. Resep-resep olahan daun singkong berikut ini layak dicoba di rumah untuk dinikmati bersama dengan keluarga :
resep sayur daun singkong padang carfa masak gulai daun singkong resep sayur daun singkong tanpa santan resep daun singkong teri resep tumis daun singkong
Resep sayur daun singkong tumbuk

v  Tahu Isi Pedas
Tahu isi pedas atau yang di tanah Sunda disebut sebagai Gehu Pedas pada resep aslinya menggunakan isian sayur seperti tauge dan wortel, tetapi kemudian divariasikan dengan isian daun singkong yang rupanya tidak kalah lezat.
Resep makanan ringan berikut ini kurang baik untuk dikonsumsi penderita maag namun sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menyembuhkan flu :
§  Bahan-bahan :
·         Tahu putih atau orang Jepang menyebutnya tofu. Untuk membuat tahu isi pedas, pilih tahu putih dengan tekstur yang cukup tebal. Tahu yang berasal dari kedelai merupakan sumber protein nabati yang sangat bagus untuk kesehatan.
·         Daun singkong
§  Bumbu
·         Cabai rawit
·         Bawang putih
·         Merica
·         Gula
·         Garam
·         Minyak goreng
·         Tepung krispi instan
Ø  Cara membuat :
1.     Iris tahu putih, bagi satu buah tahu putih berbentuk persegi menjadi tiga bagian. Teknisnya tidak terlalu tipis maupun terlalu tebal. Tiriskan tahu, kemudian goreng hingga kulit luarnya sangat kering.
2.     Rebus dahulu daun singkong selama kurang lebih dua puluh menit, serta taburi garam untuk memberi rasa dasar. Tiriskan dan dinginkan daun singkong, lalu rajang menjadi tipis-tipis.
3.     Haluskan cabai rawit dan bawang putih.
4.     Panaskan dua sendok makan minyak goreng, tumis cabai rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma harum. Masukkan daun singkong yang telah dirajang, tambahkan merica, gula dan garam sesuai selera. Masak hingga daun singkong layu dan rasa pedas menguar. Dinginkan.
5.     Belah tepi tahu yang sudah digoreng, lalu isi dengan tumis daun singkong pedas.
6.     Bagi dua tepung krispi instan, satu untuk tepung basah dan satu tepung kering.
7.     Balurkan tahu isi dengan tepung basah, kemudian gulingkan ke tepung kering. Ulangi proses dua kali agar kulit tahu benar-benar krispi.
8.     Panaskan minyak goreng secukupnya, kira-kira tahu tenggelam seluruhnya dalam minyak agar matang merata.
9.     Goreng tahu hingga kuning kecokelatan.
10.  Angkat, tiriskan, lalu sajikan.
resep sayur daun singkong padang carfa masak gulai daun singkong resep sayur daun singkong tanpa santan resep daun singkong teri resep tumis daun singkong
Cara masak gulai daun singkong

v  Gulai Daun Singkong
Resep gulai daun singkong berikut ini sangat kaya manfaat dan juga lezat, membuatnya pun mudah :
§  Bahan-bahan :
·         Daun singkong
·         Santan
§  Bumbu
·         Serai
·         Daun salam
·         Lengkuas
·         Cabai rawit
·         Cabai merah besar
·         Bawang merah
·         Bawang putih
·         Jahe
·         Kunyit
·         Ketumbar
·         Merica
·         Minyak goreng
·         Gula
·         Garam
Ø  Cara masak daun singkong :
1.     Rebus daun singkong hingga tidak lagi alot, kurang lebih dua puluh menit. Tiriskan, lalu rajang kecil-kecil.
2.     Haluskan bumbu dengan blender atau secara manual :cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, dan merica.
3.     Geprek serai dan lengkuas.
4.     Siapkan penggorengan atau panci, panaskan dua hingga tiga sendok minyak goreng. Tumis serai, daun salam, lengkuas, serta bumbu halus hingga harum.
5.     Tambahkan satu gelas belimbing air, lalu masukkan daun singkong.
6.     Pastikan bumbu sudah cukup meresap ke daun, lalu tambahkan santan. Masak hingga santan sudah menyatu, terus aduk agar santan tidak sampai pecah.
7.     Masukkan gula dan garam, tes rasa sesuai selera.
8.     Matikan kompor dan sajikan gulai daun singkong dengan bawang merah goreng.

resep sayur daun singkong padang carfa masak gulai daun singkong resep sayur daun singkong tanpa santan resep daun singkong teri resep tumis daun singkong
Cara masak daun singkong agar tetap hijau

Resep gulai daun singkong di atas juga dapat sedikit dimodifikasi tanpa menyertakan cabai rawit supaya dapat dinikmati dengan anak-anak, sekaligus pula untuk mengajarkan mereka menyukai sayuran.
Daun Singkong Untuk Lalapan
Bagi pecinta masakan padang, pasti sudah tidak asing dengan daun singkong yang direbus biasa sebagai sayur untuk pelengkap satu porsi menu nasi padang. Cita rasanya yang khas ketika berpadu dengan masakan padang yang kaya rempah serta sambal ijo yang pedas memberi kenikmatan tersendiri yang tidak akan didapatkan dari daun lain.
Selain itu, daun singkong rebus pada masakan padang berfungsi untuk menetralisir kolesterol tinggi yang memang cukup identik dengan menu-menu olahan padang. Sebab itu, keberadaan daun singkong menjadi cukup penting ketika menikmati makanan padang tersebut.

Tidak hanya makanan padang, daun singkong rebus juga dapat dijadikan teman ketika menyantap sambal terasi atau sambal tomat bersama tempe goreng yang khas disebut dengan menu penyetan. Bukan sebagai penetralisir, daun singkong rebus bersifat melengkapi kebutuhan gizi dari menu penyetan dengan menjadi lalapan.

Baca juga : 4 cara masak cumi basah yang enak
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs