Selasa, 06 Februari 2018

Cara Membuat Capcay Original Dan Vegetarian

Cara Membuat Capcay Original Dan Vegetarian-Capcay sebenarnya merupakan kuliner khas Tiongkok yang masuk dan kemudian berkembang di Indonesia melalui keturunan etnis Tionghoa yang menyebar merata di seluruh nusantara. Capcay melalui cukup banyak modifikasi agar sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, namun secara teknis merupakan sebuah masakan sehat dengan banyak varian sayuran di dalamnya.
cara memasak capcay goreng cara memasak capcay yang enak cara membbuat capcay sederhana cara memasak capcay bakso bahan capcay cara memasak capcay brokoli
Cara memasak capcay yang enak
Varian Capcay
Capcay dapat dibuat kering seperti aslinya di Tiongkok maupun sedikit berkuah yang pas sekali bila dinikmati saat sedang turun hujan. Sedangkan untuk variasinya sendiri, di Indonesia dibedakan menjadi Capcay original dengan Capcay vegetarian. Komposisi dan cara memasaknya hampir sama, hanya saja varian vegetarian tidak menggunakan daging sama sekali.
Bahan-bahan Utama Capcay
Sebagaimana yang telah sedikit disinggung di atas, komposisi capcay original dan vegetarian hampir sama. Berikut ini adalah bahan-bahan utama yang harus disiapkan :

v  Bahan Pokok :
§  Wortel
Kaya akan vitamin A yang bagus untuk indera penglihatan, wortel wajib ada dalam Capcay. Selain untuk Capcay, wortel juga hampir selalu ada dalam bahan untuk olahan sayuran lain seperti sayur asam, sayur bening, dan sayur sop. Hal itu dikarenakan selain manfaat besar, wortel juga memberi cita rasa manis yang khas.
§  Sawi hijau
Tanaman hijau yang satu ini kaya akan vitamin dan memiliki rasa gurih tersendiri. Selain untuk Capcay, sawi hijau juga dapat digunakan sebagai bahan utama sayur bening sawi dengan potongan tahu putih atau tofu.
Sebenarnya untuk Capcay bisa juga menggunakan sawi putih, tetapi menurut kandungan gizi lebih banyak sawi putih dan secara rasa gurih pun sawi hijau lebih khas dan lebih enak.
§  Brokoli
Brokoli memiliki dua varian, yakni brokoli putih dan brokoli hijau. Brokoli hijau memiliki rasa yang lebih gurih dan segar dibandingkan brokoli putih, tetapi daya tahan penyimpanannya lebih singkat. Untuk Capcay, dapat menggunakan salah satu atau keduanya sekaligus. Selain untuk Capcay, brokoli biasanya digunakan sebagai tambahan sayur sop atau tumis.
cara memasak capcay goreng cara memasak capcay yang enak cara membbuat capcay sederhana cara memasak capcay bakso bahan capcay cara memasak capcay brokoli
Bahan membuat capcay
v  Bumbu
§  Bawang putih
§  Bawang merah
§  Bawang Bombay
§  Minyak goreng / margarin
§  Tomat
§  Gula
§  Garam
v  Bahan Pelengkap
§  Telur puyuh rebus matang
§  Telur ayam mentah
§  Daging ayam (untuk Capcay original, jika bisa bagian dada karena rendah lemak.)
§  Jamur kuping (untuk Capcay vegetarian)
§  Jamur kancing (untuk Capcay vegetarian)
§  Kaldu jamur bubuk (untuk Capcay vegetarian—terbuat dari jamur shitake, bisa membuat sendiri tetapi prosesnya agak rumit sehingga lebih praktis membeli kaldu jamur instan dalam bentuk bubuk yang mudah didapatkan di minimarket maupun supermarket.)

Resep Serta Cara Memasak Capcay

Capcay Original
Capcay original menggunakan daging ayam sebagai salah satu bahan utama sekaligus pemberi rasa dari kaldunya.
  1. Cuci bersih dada ayam, kemudian potong dadu, lalu rebus hingga setengah matang dan mendapatkan kuah kaldu yang gurih. Tiriskan daging ayam dan tepikan kaldunya.
  2. Iris-iris tomat dan bawang Bombay
  3. Geprek bawang merah dan bawang putih lalu rajang kecil-kecil.
  4. Iris tipis wortel atau potong dadu, potong kecil-kecil brokoli, dan iris-iris sawi hijau.
  5. Panaskan wajan dan mentega, kemudian tumis irisan tomat, bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma harum, terutama untuk tomat harus cukup layu guna memberikan warna merah alami pada Capcay.
  6. Tuangkan kaldu ayam ke dalam tumisan bumbu, berikut pula dengan daging ayam yang sudah setengah matang.
  7. Tunggu sampai daging cukup matang dan empuk, dapat ditusuk-tusuk dengan garpu untuk memastikannya, baru masukkan wortel.
  8. Wortel memerlukan waktu pengempukan yang agak lama. Pastikan wortel empuk dahulu sebelum memasukkan bahan lain, agar rasa manis alami wortel juga muncul.
  9. Setelah wortel empuk, masukkan brokoli, kemudian tunggu lagi sampai cukup empuk.
  10. Masukkan telur ayam yang telah dikocok beserta telur puyuh rebus dan juga irisan sawi hijau.
  11. Tambahkan gula dan garam, lalu tes rasa untuk menyesuaikan selera. Setelah tiga menit, matikan kompor dan tata Capcay ke piring saji.
cara memasak capcay goreng cara memasak capcay yang enak cara membbuat capcay sederhana cara memasak capcay bakso bahan capcay cara memasak capcay brokoli
Cara membuat capcay yang enak
Capcay Vegetarian
Beberapa orang mulai menerapkan diet sayuran atau menerapkan pola hidup vegetarian, yang mana berarti tidak mengonsumsi segala macam daging. Sebab itulah ada varian Capcay vegetarian yang tidak menyertakan daging apa pun dan mengganti sumber protein hewani dengan protein nabati.
  1. Iris tipis dan rajang semua bumbu, yakni tomat, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, lalu tumis hingga menimbulkan aroma yang harum dengan menggunakan mentega.
  2. Tambahkan segelas air dan masukkan kaldu jamur bubuk, tunggu hingga aroma kaldu menguar.
  3. Masukkan wortel dan biarkan hingga cukup empuk.
  4. Setelah wortel cukup empuk, tambahkan brokoli.
  5. Selanjutnya, masukkan jamur kuping dan jamur kancing.
  6. Terakhir, masukkan kocokan telur ayam dan telur puyuh, berikut irisan sawi hijau.
  7. Tambahkan gula serta garam sesuai selera.
  8. Capcay siap dihidangkan
Bahan Capcay
Manfaat Konsumsi Capcay
Baik Capcay original maupun Capcay vegetarian sangat baik untuk dikonsumsi karena rendah kolesterol dan kaya gizi serta vitamin. Tepatnya, berikut ini adalah beberapa manfaat yang telah terbukti dengan mengonsumsi Capcay :
Ø  Bagus untuk diet
Capcay kaya akan protein dan bukan kolesterol maupun karbohidrat, di mana merupakan hal yang diperlukan dalam proses diet untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan. Sayuran hijau dalam campuran Capcay juga kaya serat yang sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme lancar, maka berat badan juga akan lebih terjaga.
Ø  Meningkatkan ketajaman mata
Dengan adanya wortel yang kaya vitamin A pada Capcay, secara otomatis masakan oriental tersebut juga bagus untuk mempertajam daya penglihatan mata sehingga meminimalisir resiko rabun usia dini.
Ø  Memberi efek awet muda
Dominasi sayuran pada Capcay turut membantu memaksimalkan regenerasi sel, sehingga kulit pun menjadi lebih terawat, terutama untuk wajah menjadi tampak awet muda dan selalu segar alami.
Ø  Imunitas tubuh meningkat
Sayuran juga sangat bermanfaat dalam membentuk serta menguatkan imun tubuh. Sebab itu, cukup rajin mengonsumsi Capcay membuat sistem imunitas tubuh juga semakn baik.
Kesimpulan
Capcay merupakan masakan yang sangat mudah dibuat. Dari tahap persiapan hingga penyajian tidak akan memakan waktu lebih dari tiga puluh menit. Sehingga, Capcay dapat dibuat kapan saja, terutama untuk waktu-waktu mendesak seperti menjelang berangkat kerja atau sekolah. Dengan persiapan yang singkat, keluarga dapat menyantap masakan yang kaya gizi dan lezat.

Secara umum, tidak ada pantangan bagi siapa pun untuk menyantap Capcay. Namun, lebih baik jika Capcay langsung dihabiskan dalam sekali santap dan tidak dipanasi, terutama bila menyertakan brokoli hijau dan juga sawi hijau, karena sayuran hijau teknisnya justru menjadi racun bila dipanaskan ulang.

Baca juga :  13 tips cara masak daging sapi agar empuk
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs