Minggu, 03 Januari 2016

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot Juga Tidak Amis

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot Juga Tidak Amis  - Cumi adalah satu diantara makanan laut atau seafood yang sangat popular. Oleh karenanya, masakan memiliki bahan dasar cumi banyak di sukai. Terasa demikian lezat serta benar-benar nikmat. Banyak olahan cumi dapat kita buat dengan gampang dirumah. Tetapi, kadang-kadang saat mengolahnya sendiri dirumah situasi cumi tidak sama dengan kita beli olahan cumi di rumah makan atau restoran. Di mana rata-rata cumi masih tetap bau amis atau bahkan juga dagingnya tidak empuk dan masih tetap alot dan alot lagi.

Artikel terkait:
Cara Memasak Tongseng Daging Sapi Yang Enak
Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk
Cara Memasak Ikan Mas Arsik Yang Enak

Ada anjuran khusus agar dapat dikerjakan untuk mengolah atau bersihkan agar supaya tidak bau amis. Serta agar tidak alot setelah di masak, tapi untuk cara memasak akan kita bahas pada ahir artikel. Di mana anjurannya akan kami berikan pada kesempatan kali ini. Sementara yang memicu cumi jadi alot hingga sulit dimakan, yakni dikarenakan kelamaan pada saat memasak. Hal semacam ini karena sebab kandungan protein amat banyak didalam dagingnya. Oleh karenanya, anda mesti memerhatikan pada saat dan cara memasak nya. Sebelum kita membahas cara memasak nya! akan lebih baik kita tau cara menghilangkan bau amis terlebih dahulu.Untuk itu anda simak cara berikut:

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Cumi

Pastikan Cumi Yang Baik Dan Masih Segar
Diantara cara bisa dilakukan untuk hindari bau amis yang menyengat yakni, anda mesti pilih masih dalam kondisi baik dan segar. Di mana supaya bisa mengetahui baik serta nantinya jangan sampai amis bisa lihat tanda-tanda yang kami sajikan ini:
  • daging tidak kemerahan
  • mata cumi masih tetap bersih
  • tidak berbau busuk
  • kulit ari tidak rusak
  • daging padat serta masih tetap kenyal.
Pada Saat Proses Pembersihan
cara memasak cumi agar empuk, cara memasak cumi asin, cara memasak cumi basah, cara memasak cumi goreng, cara memasak cumi goreng tepung, cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi saus tiram,


Membersihkan dengan sebaik mukin dapat membuat olahan jadi lebih lezat dan terhindari dari bau amis tentunya tidak enak. Cara perlu anda cermati yakni:
  • bersihkan tinta ada pada cumi dengan hati-hati agar jangan sempat berceceran atau meluber ke dagingnya.
  • cabut tulang rawannya atau lebih menyerupai dengan plastik bening
  • bersihkan kulit arinya langkahnya yakni dengan mengelupaskan kulit sisi luarnya
  • selanjutnya bersihkan kotorannya
  • kemudian basuh di air mengalir dengan cara membuka kran air lalu cuci hingga bersih.
Melumuri Memakai Beberapa Bahan Rempah Penghilang Bau Amis
Tidak cuman melakukan proses pembersihan yang benar saja, anda bisa juga melumurinya dengan beberapa bahan penghilang bau amis. Banyak macam bahan-bahan bisa dipakai untuk menyingkirkan bau amis ini, seperti : parutan jahe, asam jawa atau anda dapat memakai jeruk nipis. Lumuri cumi telah dibikin bersih tadi, selanjutnya diamkan beberapa saat. Baru kemudian, anda bisa mencucinya kembali. Selanjutnya, anda dapat segera mengolahnya jadi hidangan yang begitu lezat. Tetapi, janganlah mendiamkan nya setelah di beri bahan penghilang amis itu terlalu lama dikawatirkan bisa membuang aroma cumi yang sesungguhnya.

Proses Cara Memasak Agar Tidak Alot

Cumi termasuk di jajaran masakan seafood atau makanan laut cukup popular dikarenakan rasanya  nikmat serta rasa yang khas. Cara memasak supaya jangan sampai alot kelihatannya gampang sekali, akantetapi bila tidak paham tricknya, bisa jadi bakal alot, susah untuk dapat digigit, kalau sudah begini hilang lah kelezatannya. Bagaimanakah langkahnya agar yang dimasak dapat empuk serta nikmat? Simak cara memasak cumi agar empuk tentunya tidak alot, mari simakdi bawah ini :

cara memasak cumi agar empuk, cara memasak cumi asin, cara memasak cumi basah, cara memasak cumi goreng, cara memasak cumi goreng tepung, cara memasak cumi hitam, cara memasak cumi saus tiram,

Perhatikan Waktu Memasak

 Sebetulnya, kunci agar berhasil memasak cumi  tidak alot yaitu padasaat memasak. Cumi harus dimasak kurun waktu singkat atau tidak lama, dikarenakan kandungan protein dalam daging nya dapat beralih jadi padat disaat dimasak bila lebih dari 3 menit. Lantas bagaimanakah bila terlanjur memasaknya lebih dari 3 menit? Janganlah cemas, dikarenakan bila terlanjur, Anda dapat meneruskan proses memasak sampai kira-kira lebih dari 20-30 menit sampai jadi empuk kembali. Tapi tetap yang disarankan hanya kurang lebih 3 menit saja karna kalau terlalu lama kandungan gizi akan berkurang menguap bersama uap panasnya.

Masukkan ke Air Dingin Sesudah Memasak Atau Direbus

Agar keempukan terjaga, sesudah memasak atau di rebus sebentar, sesegera mukin masukkan dalam air dingin agar supaya proses memasak berhenti. Bila Anda akan memasak bersama-sama bahan yang lain. Sebaiknya merebusnya terlebih dulu dalam jangka waktu singkat, selanjutnya masukkan cumi pada sesi paling akhir setelah bahan lain masak.

Dengan Cara Rendam Kedalam Baking Soda Sebelum Memasak

Ini bila ingin memesak dengan cara digoreng. Agar hasil gorengan empuk dan nikmat tentunya tidak alot. Sebelum akan memasak atau digoreng dapat merendam dengan satu sendok baking soda kira kira satu jam atau optimalnya semalaman. Jangan sampai lupa memasukkan rendaman kedalam kulkas agar tidak bau amis. Kemudian, bersihkan di air mengalir serta tiriskan sampai kering. Setelah itu, terserah Anda bila mau membaluri dengan tepung bumbu atau kocokan telur sebelum akan digoreng.

Dengan Cara Rendam Kedalam Susu Segar

Ini cara terahir dari kami agar tidak alot, merendam kedalam susu segar dapat membuat cumi yang digoreng jadi lebih lembut tidak alot. Namun ingat, susu dipakai bukanlah susu bubuk atau susu kental manis, takutnya malah mengakibatkan kerusakan struktur dan rasa daging cumi itu sendiri. Susu yang dipakai yaitu susu segar cair. Rendam daging cumi, baik utuh atau telah dipotong ke susu sepanjang 1-2 jam lamanya. Untuk hasil lebih optimal, Anda dapat merendamnya sepanjang hari. Janganlah lupa tutup dengan dengan plastic yang kedap udara agar terhidar dari tercemar bakteri. Anda dapat juga menempatkan rendaman cumi kedalam kulkas tapi bukan di tempat es,nanti beku.

Terimakasih telah meluangkan waktu,selamat berkreasi di dapur semoga cara memasak cumi agar tidak alot dapat memberikan hidangan beresa lebih enak dari senbelum menemukan cara ini.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs