Sabtu, 24 Maret 2018

Cara Memasak Olahan Kikil Sapi Lezat

CaraMemasak Olahan Kikil Sapi Lezat - Kikil sapi adalah bagian tulang yang membungkus bagian tulang-tulang dan jari-jari sapi. kikil sapi banyak di gunakan sebagai bahan olahan masakan seperti soto, sup, dan lain sebagainya. menurut penelitian, kikil sapi memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein yang sangat di butuhkan oleh tubuh. selain protein kandungan kolagen juga terdapat dalam kikil sapi.
cara memasak kikil balado, cara memasak kikil padang, cara memasak kikil agar tidak berlendir, cara memasak kikil bumbu kuning, cara memasak kikil sapi agar cepat empuk, resep kikil bumbu kecap
Resep kikil
Kikil sapi terbukti mampu meningkatkan gairah seksual seseorang, dengan cara memasak di campur dengan bahan jahe yang dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. selain itu, kikil sapi juga memiliki manfaat dapat menjaga tulang dari terjadinya osteoporosis.  zat protein yang terkandung dalam kikil sapi membantu pertumbuhan sel dalam tubuh.

Selain mengandung zat yang berguna bagi tubuh, namun kikil juga mengandung purin yang akan memicu terjadinya asam urat dalam tubuh, selain itu kikil juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. jadi bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan membatasi mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar kikil sapi.
Cara memasak kikil
Namun terlepas dari itu semua, berbagai olahan kikil sapi menjadi primadona salam setiap hidangan, tekstur kikil yang tebal dan kenyal tentu mampu menggugah selera setiap penikmatnya. di pasaran harga kikil memang terbilang cukup murah, oleh sebab itu banyak masyarakat yang hobi membeli kikil sebagai pelengkap masakan untuk keluarga.

Kreasi Masakan Berbahan Dasar Kikil Sapi

Kikil sapi memang cukup bisa diandalkan dalam mengkreasikan berbagai jenis masakan. terbukti semua olahan dengan bahan kikil sapi memiliki citarasa yang lezat. Berikut beberapa kreasi masakan dengan bahan kikil sapi yang bisa anda coba dirumah sebagai salah satu santapan makan siang untuk keluarga.
cara memasak kikil balado, cara memasak kikil padang, cara memasak kikil agar tidak berlendir, cara memasak kikil bumbu kuning, cara memasak kikil sapi agar cepat empuk, resep kikil bumbu kecap
Resep kikil cabe hijau
Oseng Kikil Cabe Hijau
Masakan oseng kikil cabe hijau tentu sangat mudah untuk di buat dan menjadi salah satu masakan favorit keluarga. oseng kikil cabe hijau bahkan menjadi olahan rumahan yang cukup banyak digemari. oseng kikil cabe hijau banyak ditemukan di warung-warung makan pinggir jalan, karena memang citarasanya yang lezat sehingga banyak masyarakat yang menyukai masakan ini. berikut resep dan cara membuat oseng kikil cabe hijau yang menggugah selera.

Bahan-Bahan Yang Harus Di Siapkan
4 siung bawang merah di iris tipis
5 siung bawang putih
kikil sapi yang telah di potong dadu
setengah ruas jahe
daun salam
5 buah cabe besar hijau
1 buah tomat potong tipis
 2 sendok makan kecap manis
½ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
air sebanyak 150 ml

Cara membuat Oseng kikil cabe hijau
pertama rebus terlebih dahulu kikil yang telah dipotong dadu hingga sedikit lebih lunak. supaya lekas empuk, anda bisa merebus kikil bersama dengan jahe dan daun salam. fungsinya adalah untuk melunakkan kikil saat direbus.
kemudian haluskan semua bumbu yang telah disiapkan tadi kecuali bawang merah, kecap manis, garam, dan tomat, daun salam
lalu tumis bawnag merah yang telah di iris lalu masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi
selanjutnya masukkan kikil yang telah di rebus tadi kemudian cabe hijau tomat, garam, gula, kecap manis dan air
aduk-aduk sebentar hingga semua bumbu meresap rata kedalam kikil
tunggu beberapa saat hingga air dalam masakan mengering
setelah matang, siap diangkat
oseng kikil cabe hijau siap untuk disajikan

Gulai Pedas Kikil Tahu
Bagi anda para pecinta masakan pedas dengan bahan dasar olahan kikil, bisa mencoba berkreasi masakan gulai pedas kikil yang di campur dengan bahan tahu. tahu menjadi alternatif bahan tambahan yang dipadukan dengan kikil perpaduan kedua bahan ini nyatanya mampu menghasilkan masakan yang sangat lezat dan menjadi salah satu masakan favorit keluarga. penasaran seperti apa resepnya? berikut bahan dan cara pembuatan gulai pedas kikil tahu.
cara memasak kikil balado, cara memasak kikil padang, cara memasak kikil agar tidak berlendir, cara memasak kikil bumbu kuning, cara memasak kikil sapi agar cepat empuk, resep kikil bumbu kecap
Resep gulai pedas kikil tahu
Bahan-Bahan Gulai Pedas Kikil tahu
kikil sapi yang telah di potong dadu
tahu putih atau tahu kuning sekitar 2 atau 3 potong5 siung bawang merah yang di iris tipis
4 siung bawang putih
setengah ruas jahe
setengah ruas kunyit
10 buah cabe rawit
5 buah cabe merah dan hijau besar
1 buah tomat sayur
1 batang serai
Santan secukupnya
½ sendok teh garam
½ sendok gula pasir
¼ sendok teh merica bubuk

Cara membuat gulai pedas kikil tahu
Pertama rebus terlebih dahulu kikil yang telah diiris membentuk dadu
kemudian selanjutnya haluskan semua bumbu yang telah di siapkan kecuali, gula, merica bubuk dan batang serai.
setelah semua bumbu dihaluskan, panaskan api untuk mulai menumis. masukkan bawang merah yang telah diiris tipis kemudian dilanjutkan dengan menumis semua bahan yang telah dihaluskan tadi
lalu masukkan tahu yang telah di potong dadu dan kikilnya
tambahkan sedikit air hingga mendidih kemudian masukkanserai yang telah dimemarkan, gula dan garam lalu santan
aduk secara perlahan hingga semua tercampur merata lalu tunggu hingga mendidih dan matang.
gulai pedas kikil tahu siap disajikan

Soto  Kikil
Soto merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, rasanya yang sedap gurih mampu membangkitkan selera makan. Soto dibuat tak hanya berbahan bihun, tauge, ayam dan sayuran saja namun juga bisa menggunakan kikil sebagai bahan dasarnya.  cara membuat soto kikil pun terbilang tak begitu sulit, berikut bahan-bahan dan cara membuat soto kikil yang lezat.
cara memasak kikil balado, cara memasak kikil padang, cara memasak kikil agar tidak berlendir, cara memasak kikil bumbu kuning, cara memasak kikil sapi agar cepat empuk, resep kikil bumbu kecap
Resep soto kikil

Bahan-bahan soto kikil
Kikil sapi yang telah di potong kecil-kecil
7 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 lembar daun salam
4 buah kemiri
setengah ruas jahe
setengah ruas kunyit
½ sendok teh merica bubuk
minyak untuk menumis
1 batang serai yang telah di memarkan
3 lembar daun jeruk
penyedap rasa (opsional)
air secukupnya

Cara membuat soto kikil
Pertama rebus terlebih dahulu kikil yang akan di jadikan bahan untuk membuat soto sampai benar-benar empuk. anda bisa merebusnya bersama dengan daun salam agar tekstur kikil empuk namun masih tetap kenyal
Haluskan semua bumbu yang telah disiapkan tadi kecuali, penyedap rasa, daun jeruk, merica bubuk dan daun salam
kemudian panaskan wajan yang digunakan untuk menumis semua bumbu yang telah dihaluskan tadi
selanjutnya jika tumisan bumbu telah tercium cukup harum and bisa memasukkan air dan tunggu hingga mendidih
jika air rebusan bumbu telah benar-benar mendidih, masukkan garam dan penyedap rasa kemudian masukkan kikil yang telah direbus tadi
tunggu hingga benar-benar bumbu meresap dalam kikil
Soto kikil telah matang dan sipa untuk disajikan

Masakan dengan bahan kikil memang sangat menggoda selera namun perlu di ingat bahwa tidak boleh mengkonsumsi makanan berbahan dasar kikil secara berlebihan tetutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit dengan tingkat kolesterol tinggi dan asam urat karena kemungkinan bisa memperparah kodisi kesehatan.

Sesekali mencoba berkreasi dengan memasak masakan berbahan kikil di campur dengan bahan lain seperti tahu, tempe dan sayuran lain memang tidak ada salahnya, hanya saja perlu di batasi porsinya untuk mencegah berbagai masalah kesehatan dalam tubuh anda.


 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs