Jumat, 23 Februari 2018

Cara Memasak Lobak Mulai dari Sup Lobak Hingga Kimchi Lobak Ala Korea

Cara Memasak Lobak Mulai dari Sup Lobak Hingga Kimchi Lobak Ala Korea - Lobak tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Sayuran yang memiliki tekstur dan bentuk menyerupai wortel namun berwarna putih dan berukuran lebih besar ini sering diolah menjadi bahan campuran dalam menu soto Bandung, bahan isian lumpia atau masakan Korea, kimchi.
tumis lobak pedas, sup lobak putih, rasa lobak, resep sayur lobak santan, tumis lobak buncis olahan lobak ala korea, resep lobak goreng, jus lobak putih
Cara memasak lobak
Meski menyerupai wortel, ternyata cara memasak lobak membutuhkan perhatian khusus karena sayuran ini dikenal memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit lobak berasal dari adanya getah enzim di kulit lobak yang bisa menyebar jika Anda memotong lobak dengan cara yang salah. Lalu bagaimana teknik mengolah lobak agar tidak pahit?

Tips Mengolah Lobak Agar Tidak Pahit
Memilih lobak yang masih segar
Untuk bisa mendapatkan manfaat lobak dengan optimal serta menghindari rasa pahit lobak, sebaiknya pilih lobak yang masih segar, agak muda, daunnya belum layu dan warnanya putih terang. Biasanya semakin tua lobak maka semakin pahit rasanya. Hindari lobak yang permukaannya lembek atau memiliki cacat.

Dicuci menggunakan air mengalir
Sebagai bahan masakan, maka lobak harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel semenjak proses pemanenan. Anda bisa membersihkan lobak menggunakan sikat halus pada air yang mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan pisau dan talenan hingga bersih.

tumis lobak pedas, sup lobak putih, rasa lobak, resep sayur lobak santan, tumis lobak buncis olahan lobak ala korea, resep lobak goreng, jus lobak putih
Tips mengolah lobak
Menghilangkan bagian yang pahit
Setelah lobak dibersihkan dan dikupas kulitnya, Anda bisa memotong lobak sesuai keinginan. Bagian pangkal serta bagian tempat tumbuhnya daun merupakan bagian terpahit dari lobak. Jangan lupa untuk memotong bagian ini ketika mengupas lobak.

Merendam dengan air garam
Selain terasa pahit, lobak juga dikenal memiliki aroma yang tajam dan agak asam. Untuk menghilangkan rasa pahit serta aroma yang tajam ini, sebaiknya setelah dipotong-potong, lobak diremas-remas terlebih dahulu dengan sedikit garam sampai layu dan berair atau direndam di dalam air garam. Kemudian bilas dan tiriskan.
Dengan diremas-remas menggunakan air garam dan direndam selama kurang lebih 3 jam, maka cairan pahit dalam lobak akan keluar sehingga kadar kepahitan pun berkurang. Selain direndam menggunakan air garam, kepahitan lobak juga bisa dikurangi dengan cara diblansir.

Cara mem-blansir lobak yakni dengan memasukkan lobak ke dalam air mendidih hingga berubah warna. Kemudian angkat dan dimasukkan ke dalam air dingin. Baru kemudian diolah menjadi masakan kesukaan dengan bumbu yang kuat sehingga rasa pahitnya lebih tersamarkan.

Lobak Sebagai Anti Kanker
Lobak ternyata tak hanya bisa dipakai sebagai bahan masakan, tapi juga bisa dipakai sebagai anti kanker. Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center, lobak terbukti mampu membunuh jalur sel perkembangan kanker. Lobak juga dikenal memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kulit, anti-inflamasi dan anti-kongestif.

Untuk bisa memperoleh manfaat lobak sebagai anti kanker, Anda bisa membuat jus lobak yang segar dengan menggunakan lobak yang telah masak dan berkualitas terbaik. Cara membuat jus lobak yakni sebagai berikut :
Dicuci menggunakan air mengalir Sebagai bahan masakan, maka lobak harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel semenjak proses pemanenan. Anda bisa membersihkan lobak menggunakan sikat halus pada air yang mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan pisau dan talenan hingga bersih.
Jus lobak putih
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jus lobak :
2 buah lobak putih atau lobak merah yang sudah matang.
Air mineral dan 80 ml gula cair.
Es batu secukupnya.

Cara membuat jus lobak putih :
Cucilah lobak hingga bersih,kemudian kupas kulitnya.
Campurkan semua bahan ke dalam blender, kemudian blender hingga lembut menyerupai pasta.
Pisahkan air dan serat dengan menggunakan kain kasa atau saringan khusus untuk memisahkan serat lobak, remah-remah yang tidak hancur.
Kemudian tuang ke dalam gelas, tambahkan es batu sesuai selera dan jus lobak pun siap disajikan.

Beberapa Resep Lobak yang Populer     
Di samping jus lobak, beberapa menu berikut ini juga bisa Anda coba demi memperoleh khasiat optimal dari lobak baik itu lobak merah maupun lobak putih. Jika Anda kesulitan memperoleh lobak di pasar tradisional, Anda bisa menemukan sayuran ini di supermarket besar yang menyediakan sayuran impor atau organik.

Sup Lobak
Sup lobak sangat cocok dinikmati ketika musim hujan dan di pagi hari. Selain menghangatkan tubuh, sup lobak juga bisa menyegarkan serta meningkatkan ketahanan tubuh. Cara memasak lobak menjadi sup lezat yakni sebagai berikut :
Dicuci menggunakan air mengalir Sebagai bahan masakan, maka lobak harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel semenjak proses pemanenan. Anda bisa membersihkan lobak menggunakan sikat halus pada air yang mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan pisau dan talenan hingga bersih.
Sup lobak putih
Bahan-bahan yang diperlukan :
  • 1 batang lobak, boleh lobak merah atau lobak putih, cuci sampai bersih kemudian kupas tipis kulitnya dan potong menjadi bulat dan tipis.
  • 250 gram daging ayam dipotong kecil-kecil.
  • 1 ruas jahe, yang sudah dibersihkan dan dimemarkan.
  • 1 batang wortel bersihkan dan potong kecil-kecil.
  • 3 siung bawang putih yang diiris halus atau dimemarkan.
  • ½ bawang bombay, diiris tipis.
  • 1 batang seledri yang dipotong kecil-kecil.
  • 1 lembar daun bawang, potong kecil-kecil.
  • Garam, merica bubuk, gula pasir.
  • 1 liter air.

Cara membuat sup lobak :
  1. Masukkan ayam ke dalam air kemudian rebus hingga mendidih.
  2. Masukkan bumbu rempah garam, merica dan gula pasir.
  3. Lalu, masukkan irisan lobak, wortel dan masak hingga setengah matang.
  4. Tumis irisan bawang putih, daun bawang, bawang bombay dan jahe. Tumis hingga wangi, kemudian masukkan ke dalam panci berisi daging ayam dan lobak.
  5. Masukkan seledri dan biarkan hingga matang. Sup lobak pun siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk.

Kimchi Lobak Ala Korea
Bagi penggemar film drama Korea, pasti sudah tak asing lagi dengan menu khas Korea, kimchi. Kimchi biasanya dibuat menggunakan sejenis sawi, namun, Anda bisa mengkreasikan menu baru dengan menggunakan lobak sebagai bahan utama. Cara memasak lobak menjadi kimchi ala Korea yakni sebagai berikut :
Dicuci menggunakan air mengalir Sebagai bahan masakan, maka lobak harus dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel semenjak proses pemanenan. Anda bisa membersihkan lobak menggunakan sikat halus pada air yang mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan pisau dan talenan hingga bersih.
Olahan lobak ala korea
Bahan-bahan kimchi lobak :
  • 2 buah lobak Korea berukuran sedang
  • 2 batang daun bawang
  • 2 sdm sirup jagung atau saus ikan
  • 2 sdm udang kering
  • 5 sdm susu
  • 1-2 sdm saus ikan hering (anchovy sauce) atau saus ikan teri
  • Satu ruas jahe, bersihkan kulitnya
  • 5 sdm bubuk cabai Korea (Korean chili flakes), jika Anda tak menemukan bubuk ini, bisa juga menggunakan bubuk cabai biasa
  • 3 siung bawang putih
  • ½ bawang bombay yang dicincang halus
  • 2 sdm gula pasir
  • 70 gram garam laut kasar

Cara memasak kimchi lobak ala Korea :
  1. Bersihkan lobak kemudian potong berbentuk dadu.
  2. Masukkan lobak ke dalam mangkuk, taburi campuran garam dan gula pasir.
  3. Diamkan selama sekitar 60 menit kemudian tiriskan.
  4. Masukkan bawang bombay, jahe, bawang putih dan udang kering ke dalam blender dan blender hingga halus.
  5. Tambahkan susu ke dalam blender dan blender hingga tercampur rata.
  6. Lalu tuangkan ke mangkuk.
  7. Jangan lupa tambahkan sekitar 4 sdm bubuk cabai atau sesuai selera.
  8. Tambahkan sirup jagung secukupnya.
  9. Tiriskan kimchi ke wadah tertutup dan simpan dalam suhu ruangan kurang lebih sekitar 1 – 2 hari demi mendapatkan hasil fermentasi yang optimal. Sebaiknya simpan dalam wadah berupa stoples kaca yang memudahkan Anda melihat gelembung-gelembung air yang menandakan proses fermentasi telah berhasil.
Baca juga : Cara memasak udang asam manis yang enak
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs