Selasa, 20 Februari 2018

Cara Memasak Fried Chicken, Menu Ayam Kesukaan Sejuta Umat

Cara Memasak Fried Chicken - Menu ayam goreng seperti ayam goreng fried chicken menjadi salah satu masakan yang paling banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Selain populer, cara memasak fried chicken juga mudah sehingga bisa dilakukan oleh seorang yang baru belajar memasak sekalipun.
Menu ayam goreng tepung ini jadi sangat populer berkat banyaknya gerai restoran franchise asal Amerika yang menyajikan makanan ini sebagai menu utama. Bahkan menu ini sering dimodifikasi menggunakan jenis tepung yang berbeda sampai muncul menu baru seperti ayam goreng kremes dan lainnya.
Anda juga bisa membuat menu ayam fried chicken ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dibeli di supermarket maupun pasar. Jika Anda berniat untuk membuat menu ini di rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi mendapatkan ayam fried chicken yang renyah dan gurihhingga remahan terakhir.
cara membuat fried chicken renyah, cara membuat fried chicken keriting, resep fried chicken untuk jualan, resep fried chicken sabana, cara membuat adonan tepung fried chicken
Cara memasak fried chicken
Tips Mendapatkan Ayam Fried Chicken Gurih dan Renyah
Jenis ayam yang hendak dibuat fried chicken
Memilih ayam untuk dibuat ayam fried chicken ternyata tak bisa sembarangan. Ayam fried chicken akan terasa lebih enak apabila Anda memilih jenis ayam pedaging. Pilihlah ayam pedaging yang memiliki potongan seragam sehingga bisa matang secara bersamaan. Anda bisa langsung membeli ayam potongan atau meminta pedagang untuk memotongkan per bagian.

Bumbu marinasi
Demi menghasilkan ayam fried chicken yang gurih, Anda perlu memperhatikan komposisi bumbu marinasi yang digunakan. Bumbu yang biasa dipakai berupa bawang putih halus, merica bubuk, garam dan jahe bubuk. Semua bahan tersebut dicampur dan diberi sedikit air, aduk hingga merata.
Bumbu marinasi ini nantinya akan digunakan sebagai tempat merendam ayam. Rendam potongan ayam ke dalam bumbu selama kira-kira 8 jam. Kemudian letakkan dalam wadah tertutup dan simpan ke dalam lemari es.
cara membuat fried chicken renyah, cara membuat fried chicken keriting, resep fried chicken untuk jualan, resep fried chicken sabana, cara membuat adonan tepung fried chicken
Cara memasak fried chicken
Perhatikan proses pelapisan tepung
Setelah ayam direndam kemudian ditiriskan hingga kering, tiba saatnya proses penepungan. Proses penepungan bisa dilakukan dengan cara menggulingkan ayam ke dalam adonan tepung terigu, bawang putih, merica dan garam. Kemudian dicelupkan ke dalam telur yang sudah dikocok. Lakukan proses ini sekali lagi kemudian diamkan agak kering, baru digoreng.

Teknik menggoreng yang tepat
Cara memasak fried chicken membutuhkan teknik khusus. Anda harus menyiapkan minyak dengan suhu sekitar 180 derajat celsius serta api yang sedang. Jangan biarkan minyak terlalu panas atau api terlalu besar karena akan membuat bagian dalam ayam kurang matang.
Teknik penggorengan yang dipakai untuk menggoreng ayam fried chicken adalah teknik deep frying. Teknik ini mengharuskan Anda untuk menggunakan banyak minyak ketika menggoreng. Jadi, gunakan panci atau wajan cekung untuk menggoreng dan pastikan seluruh bagian ayam terendam ke dalam minyak saat digoreng.

Anda juga perlu memperhatikan racikan tepung yang dipakai untuk melapisi ayam. Setidaknya ada dua variasi racikan tepung yang bisa Anda gunakan untuk membuat ayam fried chicken.Pilih racikan tepung yang Anda sukai dan buat variasi ayam fried chicken baru dengan memakai campuran tepung berikut ini :
Kacang
Demi memperoleh fried chicken yang renyah, Anda bisa menambahkan racikan kacang tanah cincang sebagai pelapis fried chicken. Cara membuatnya cukup dengan sangrai kacang tanah yang sudah dikupas kemudian dicincang sampai halus. Celupkan ayam yang sudah berbalut tepung ke dalam kacang sangrai, kemudian baru digoreng.
Cornflakes
cara membuat fried chicken renyah, cara membuat fried chicken keriting, resep fried chicken untuk jualan, resep fried chicken sabana, cara membuat adonan tepung fried chicken

Anda bisa melapisi ayam fried chicken menggunakan racikan tepung terigu dan cornflakes, baik cornflakes original maupun biasa. Caranya, masukkan cornflakes ke dalam kantong plastik kemudian dihancurkan hingga halus. Jadi, setelah ayam dicelupkan ke dalam tepung, kemudian gulingkan ke dalam cornflakes. Diamkan beberapa saat kemudian baru digoreng.
Variasi Memasak Fried Chicken
Ada beberapa versi fried chicken yang bisa Anda coba di rumah. Anda bisa memasak menu ini sebagai alternatif dari fried chicken yang biasa. Jadi, daripada jauh-jauh pergi ke restoran, mengapa tak mencoba menu berikut ini?
cara membuat fried chicken renyah, cara membuat fried chicken keriting, resep fried chicken untuk jualan, resep fried chicken sabana, cara membuat adonan tepung fried chicken
Cara memasak fried chicken sederhana
Cara memasak fried chicken sederhana
Cara memasak ayam goreng tepung ini merupakan salah satu yang sederhana. Anda bisa menggunakan tepung terigu biasa dan mengolah racikan bumbunya sendiri.
Bahan-bahan :
1 ekor ayam berukuran sedang, dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang sama besar.
Air perasan jeruk nipis 1 buah
2 butir telur ayam, ambil putihnya saja
Minyak goreng minimal 500 ml

Bumbu ayam :
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
4 butir kemiri
½ sdt lada bubuk
Garam dan penyedap rasa
1 cm jahe dan lengkuas

Bumbu racikan tepung :
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt soda kue
1 sdt merica bubuk

Cara memasak fried chicken sederhana :
Baluri ayam dengan air perasan jeruk nipis, sisihkan.
Haluskan semua bumbu ayam, lalu tumis hingga harum.
Masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu kemudian tambahkan penyedap rasa secukupnya.
Aduk hingga merata dan beri sedikit air.
Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap dan mengering, lalu angkat dan sisihkan agar dingin.
Tuangkan tepung ke dalam mangkuk beserta semua bumbu tepung. Aduk hingga merata menggunakan tangan. Ambil potongan daging ayam, celupkan ke dalam putih telur, lalu gulingkan ke dalam bumbu tepung hingga merata dan sambil ditepuk-tepuk agar tepungnya menempel. Lakukan hal ini hingga semua bagian ayam tertutupi oleh tepung.
Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng. Masukkan potongan ayam yang sudah berbalut tepung secara perlahan satu per satu. Goreng hingga matang berwarna kuning kecoklatan.
Tiriskan fried chicken di atas tisu dapur agar minyaknya terserap.
cara membuat fried chicken renyah, cara membuat fried chicken keriting, resep fried chicken untuk jualan, resep fried chicken sabana, cara membuat adonan tepung fried chicken
Fried chicken tanpa telur
Cara memasak fried chicken tanpa telur
Telur biasanya dipakai sebagai bahan pelapis fried chicken sebelum digoreng dan dipercaya bisa membuat ayam goreng lebih renyah. Tapi, Anda bisa juga memasak fried chicken yang renyah tanpa menggunakan telur. Cara ini sangat efektif untuk menghemat biaya belanja atau jika Anda memiliki alergi terhadap kadar protein yang tinggi.

Pilih potongan ayam yang sama besar sekitar 1 kilogram.
Siapkan panci berisi campuran 1 gelas air dingin dan 1 sendok makan garam.
Rendam potongan daging ayam ke dalam larutan tersebut, kemudian diamkan di dalam kulkas sekitar 4 jam atau semalaman.

Keluarkan ayam dari dalam kulkas dan biarkan hingga suhunya mendekati suhu ruangan.
Bilas ayam kemudian baluri dengan buttermilk.
Siapkan mangkuk besar dan isi dengan 4 cangkir tepung terigu, 1 sdt merica, ½ sdm garam, 1 sdt paprika, lalu aduk merata.

Siapkan mangkuk lain, kemudian tuangkan 1 cangkir buttermilk.
Panaskan minyak dalam wajan dengan api yang tidak terlalu besar.
Ambil satu potong ayam kemudian celupkan ke dalam buttermilk, angkat, lalu celupkan ke dalam tepung di mangkuk.

Baluri daging hingga merata lalu goyangkan agar tepung yang menempel tidak terlalu banyak.
Masukkan ayam ke wajan secara perlahan, goreng hingga matang sempurna dan berwarna kekuningan.
Setelah matang, tiriskan ayam dengan meletakkannya di atas kertas tisu. Sajikan dengan saus pedas.


 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs