Sabtu, 09 Januari 2016

Cara Memasak Cumi Saus Tiram Yang Enak

Cara Memasak Cumi Saus Tiram Yang Enak - Indonesia memang benar benar kaya dengan gaya perpaduan cara memasak dan citarasa masakannya enak khas tidak lain merupakan hasil kombinasi beragam jenis bumbu dasar. Bahkan juga buat masakan yang sesungguhnya tidak berasal dari negara kita juga umumnya telah mengalami sebagian pergantian bumbu yang disesuaikan dengan lidah orang asli Indonesia. Satu diantaranya yaitu cara memasak cumi yang bakal kita buat di kesempatan kali ini, yakni cumi saus tiram. Tidak cuma cumi, sesungguhnya terdapat banyak masakan yang dapat kita buat dengan bumbu saus tiram, seperti udang saus tiram maupun kepiting saus tiram.


cara membuat cumi saus tiram sederhana,cara membuat cumi saus tiram pedas,resep cumi saus tiram dapur umami,resep bikin cumi saus tiram,cumi saus tiram asam manis,cumi saus tiram sajian sedap,
Baca juga : Cara Memasak Edamame Dan Manfaat Untuk Kesehatan
Sama dengan cara memasak cumi saus padang juga cumi asam manis maupun cumi goreng tepung, cara memasak cumi saus tiram enak pun cukup mudah simpel, cepat proses membuatnya. Seperti cara memasak hidangan seafood enak lain, penentuan bahan baku cumi yang bakal kita pakai harus jadi perhatian paling utama. Pakai cumi masih dalam keadaan segar serta cuci bersih hingga menghilangkan seluruhnya kotoran melekat seperti kulit ari atau tinta nya.

Baiknya daging cumi sesudah di cuci bersih di beri sedikit perasan air jeruk diatas nya dan diamkan sebentar agar tak tercium bau amis. Agar kuah cumi saus tiram nya terlihat agak kental serta berasa enak, kita bakal memakai sedikit tepung maizena untuk campuran nya. Untuk memberi sensasi rasa pedas serta warna kuah bagus kita pakai saja saus tomat atau juga saus sambal botolan agar lebih cepat. Dapat ditambahkan juga sebagian potong cabai merah besar buat variasi.

cara membuat cumi saus tiram sederhana,cara membuat cumi saus tiram pedas,resep cumi saus tiram dapur umami,resep bikin cumi saus tiram,cumi saus tiram asam manis,cumi saus tiram sajian sedap,

Seperti juga cara memasak kepiting maupun memasak udang saus tiram, cara kita memasak cumi enak dikesempatan ini juga memakai bumbu berbahandasar saus tiram digabungkan dengan sebagian rempah tradisonal serta bumbu dapur khas dari negara kita sendiri. Sistem pemrosesan bahan dan bumbu hingga jadi masakan siap saji cukup mudah saja. Bahkan juga buat anda yang tidak hoby memasak pun dapat membuat hidangan istimewa ini buat seluruh anggota keluarga. Tinggal kita makannya bersama dengan sepiring nasi putih atau tanpa ada nasi putih juga masakan seafood ini tetap enak. Sudah pasti ada banyak hal hal perlu di perhatikan agar citarasa cara memasak cumi saus tiram yang enak ini terasa tak kalah enak nya seperti hidangan datang dari restauran atau rumah makan tempat kita berlangganan.

Untuk lebih detilnya, silakan lihat cara memasak cumi saus tiram enak serta bahan bahan keperluan untuk memasak cuminya berikut ini.

cara membuat cumi saus tiram sederhana,cara membuat cumi saus tiram pedas,resep cumi saus tiram dapur umami,resep bikin cumi saus tiram,cumi saus tiram asam manis,cumi saus tiram sajian sedap,

Bahan Cara Memasak Cumi Saus Tiram Enak

  1. Bahan paling utama diperlukan yaitu daging cumi yang telah bersih dari kotoran lebih kurang sejumlah 1kilogram.
  2. Buah jeruk nipis ukuran sedang bisa juga besar untuk menyingkirkan bau amis dari daging cuminya sejumlah 1 buah. Potong potong agar mudah untuk di ambil air jeruknya.
  3. Jahe ukuran sedang lebih kurang sejumlah 1 sampai 2 cm. Irislah tipis atau dapat pula digeprek saja.
  4. Daun bawang yang segar dan bagus sekitar sejumlah 1 sampai 2 batang. Bersihkan daun bawang hingga bersih dari kotoran lantas irislah tipis.
  5. Tepung maizena kira kira sejumlah satu sendok makan saja. Campur dahulu dengan sedikit air lantas aduk hingga semua tercampur rata saat sebelum dimasukkan dan digabung dengan bahan tiram lain
  6. Bawang putih ukuran sedang bisa juga besar sekitar sejumlah 4 pcs. Bersihkan kulit bawang nya lantas potong belah tipis untuk bumbu tumisan.
  7. Bawang bombay ukuran sedang bisa juga besar sekitar sejumlah 1 pcs. bersihkan kulit luarnya selanjutnya potong bawang bombay nya tipis .
  8. Saus tomat berkwalitas baaik kira kira sejumlah 1 sendok makan.
  9. Saus tiram ber kwalitas baik sekitar sejumlah 3 sendok makan.
  10. Saus sambal pedas berkwalitas baik sesuai sama selera atau kira kira sejumlah satu sendok makan.
  11. Merica halus atau bubuk seperlunya sesuai sama selera untuk menaikkan citarasa pedasnya.
  12. Buah cabai merah kira kira sejumlah 3 sampai 5 pcs. Bersihkan bersih lantas irislah tipis.
  13. Margarin buat menumis bumbunya agar lebih enak terasa kira kira sejumlah 2 sampai 3 sendok makan.
  14. Garam dapur baiknya memiliki kandungan yodium sesuai kebutuhan.
  15. Air bersih seperlunya untuk merendam cumi serta mencampurkan tepung maizenanya.

Cara Memasakt Cumi Saus Tiram

  1. Langkah pertama perlu dikerjakan yaitu membuang bau amis yang melekat di daging cumi nya. Ambillah air bersih seperlunya lalu beri perasan air jeruk nipisnya rendam cumi sebentar lalu bersihkan lagi dengan air bersih.
  2. Siapkan wajan penggorengan dengan api kecil dan beri margarin yang telah disediakan pada awal mulanya.
  3. Masukkan bawang putih, jahe dan bawang bombay yang telah di iris kecil kecil lantas masak dan aduk hingga tercium bau harum dari tumisan.
  4. Masukkan cabai merah jika memakai lantas aduk sebentar.
  5. Tuangkan saus tomat, saus sambal dan saus tiramnya lantas aduk sebentar agar seluruhnya bahan tercampur dengan rata.
  6. Tuangkan air lebih kurang sejumlah 100 ml sampai 125 ml lantas aduk sebentar agar tercampur dengan seluruhnya bumbu.
  7. Masukkan daging cumi yang telah di rendam pada awal mulanya lantas masak dan aduk hingga air sedikit menyusut dan bumbu telah meresap.
  8. Masukkan garam dapur beryodium, merica halus dan daun bawangnya lantas aduk lagi hingga seluruhnya bahan tercampur dengan rata.
  9. Masukkan tepung maizena yang pada awal mulanya telah digabung dengan sedikit air lantas aduk lagi hingga mengental dan daging cuminya masak.
  10. Sesudah daging cumi cukup empuk dan masak, angkat dan tuangkan cumi saus tiram nya diatas piring sajian.
Artikel terkait resep lainnya:
Cara Memasak Capcay Sayur Bakso Udang Kuah Kental Sederhana
Cara Memasak Capcay Goreng Yang Enak
Cara Memasak Brokoli Untuk Diet Yang Benar

Bagaimanakah menurut Anda cara memasak cumi saus tiram di atas. Memang lah mungkin saja Anda berasumsi lebih praktis bila kita beli saja diluar tempat tinggal. Namun sudah pasti bila kita dapat memasak cumi enak sendiri dirumah lebih cepat dan lebih murah. Diluar itu kita dapat juga meyakinkan bahwa bahan untuk cara memasak cumi saus tiram yang bakal kita pakai benar segar dan terjamin mutunya hingga kita dapat juga mengambil manfaat gizi yang terdapat di daging cumi yang kita pakai tersebut.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs