Jumat, 02 Juni 2017

Rendang Daging Sapi Lebaran Minang Asli

Rendang Daging Sapi Buat Lebaran - Baiknya simak tips sederhana berikut sebelum memulai membuat Rendang Daging Sapi buat Lebaran, terkadang hal sederhana akan membuat sesuatu hal istimewa. Mulai dari penggunaan santan asli atau murni betul-betul hasil dari kelapa diperas santannya, bukan santan instan. Santan akan sangat berpengaruh terhadap rasa hasil Rendang yang kita masak, Minyak dihasil oleh santan mengering akan memberikan sensasi rasa tersendiri, rasa gurih nikmat lebur dilidah.

resep rendang daging jawa,cara membuat rendang daging empuk,resep rendang daging sapi pedas

Khusus Dagingnya, dipasar biasanya di gantung oleh penjual Daging itulah Daging yang segar, usahakan untuk membeli Daging bagian paha tanpa otot dan lemak. Setelah dirumah, jangan memotong searah serat Dagingnya kenapa? Saat dimakan nanti repot Buuuu,,,!! Potonglah dengan melawan arah seratnya, bentuk persegi empat berdiameter 2cm x 2cm, kok kecil amat???? Iya Buuuuu -kan buat Lebaran, biar tamu menyantap tidak perlu repot memotong pakai sendok, g perlu miringin kepala ngegigitnya dll,,,. Satu bongkahan Daging Sapi langsung luup kumyah dech kan asiik ketemu Rendang seperti ini dan lagi, ini jarang di buat karena kebanyakan fokus pada ukuran besar-besar katanya biar tamu puas, kebalik buuu,, repot. Simak yuk mulai dari awal sampai akhir memasaknya.

Bahan Dan Bumbu Rendang Daging Sapi

1).Daging Sapi 2 kilogram di potong sesuai di jelaskan tadi ya Buuu
2).Santan kelapa asli perasan 1,5 liter dari 3 butir kelapa tua
3).2 Lembar daun kunyit tua diikat simpul satu-satu
4).5 Lembar daun jeruk purut, penetral bau amis Daging
5).1 Bungkus (saset) Asam Kandis ukuran kecil
6).3 Serai telah dimemarkan
7).1 butir kelapa parut dan disangrai

Bumbu Halus

a).3 cm lengkuas b).3 cm kunyit yang dibakar(opsional) c).3 cm jahe yang dibakar(opsional) d).150 gram cabe merah besar e).150 gram cabe merah keriting f).15 siung bawang merah g).6 siung bawang putih h).5 butir kemiri i).1/2 sendok makan ketumbar dan merica j).1 sendok teh jinten (sangrai) k).1 sendok teh bubuk pala l).2 sendok teh garam m).gula dan garam baiknya diberikan kurang dari perkiraan kita, seumpama kita kira garamnya 1 sendok mkn, maka ditaburi dulu kurang dari itu, pada saat akan mengangkat nanti di cicipi lagi bila terasa kurang maka ditambah biar pas.

resep rendang daging jawa,cara membuat rendang daging empuk,resep rendang daging sapi pedas

Tahapan Memasak Rendang Daging Sapi

1. Hidupkan api kompor gas maksimal setelah ditaroh wajan diatasnya. Masukan semua santan ke dalam wajan disusul Asam Kandis, daun kunyit, daun jeruk, serai juga bahan bumbu halusnya, rajin diaduk jangan sampai santan bergumpal. Apinya tetap begitu kerna kita butuh cepat panas dan mendidih.
2. Setelah mendidih masuk secara bertahap sambil diaduk Daging Sapinya. Setelah masuk semua tentu panasnya kurang lagi, maka biarkan apinya tetap seperti semula.
3. Setelah mendidih lagi " krocok krocok krocok " gelembung udara, kecilkan api dari setelan paling kecil, kemudian perlahan besarkan sampai kita dapat melihat gelembung udara atau mendidih dalam wajan dan stop membesarkan apinya. Terus apinya seperti itu sampai minyak pada santan sudah mulai keluar.
4. Setelah minyak santan mulai keluar kecilkan lagi apinya namun tetap terlihat gelembung angin atau tetap mendidih.
5. Disetiap langkah 1,2,3,4, rajinlah mengaduknya, aduk sampai rata semua di bolak balik diamkan kira2 15-sampai 20 detik aduk lagi, terus seperti itu sampai mulai mengering. Dan disini bisa memasukkan kelapa yang sudah disangrai tadi, aduk bolak balik sampai campur baur semua.
6. Bilamana sudak kelihatan minyak dari santan sudah memerah dan kuah Rendang sudah sangan susut atau mengering di cicipi dulu, setelah pas matikan apinya. Tetap disitu sampai besoknya mau dihidangkan baru di taruh dalam mangkok atau tempat hidangan tersebut.
NB: Proses masak ini berjalan kurang lebih 2-3 jam. Maka Ibuuu harus betul-betul menjaga apinya dari setelan paling kecil, dalam waktu itulah bumbu meresap hingga membuat hidangan Lebaran menjadi luar biasa nikmatnya.

Kenapa harus sesudah mendidih baru Dagingnya dimasukkan?? Mukin Ibuuu bertanya jika sudah paham maka tidak bertanya kan!!. Jawabnya adalah pada saat serat Daging menyentuh panas, maka serat akan kecut alias merapat atau lagi mengecil. Maka bila ujung dan pangakal serat Daging Sapi telah merapat, maka kandungan air dalam Daging Sapi akan terkunci dan akan ikut panas, nah ini lah yang akan membuat Daging Sapi itu nantinya Empuk. Rendang ini akan lebih gurih dan lejat lagi jika memasaknya dengan api dari kayu bakar.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top  blogs best food & drink blogs
best food & drink blogs